Kredibilitas dan Kemampuan bagi Seorang Pemimpin | Isbroad - Memberi Wawasan Memajukan Peradaban

Kredibilitas dan Kemampuan bagi Seorang Pemimpin


Dalam roda organisasi atau kelompok terdapat struktur yang jelas, mulai dari ketua, sekertaris, bendahara dan juga anggotanya. Hal ini yang mendasari ketika membuat suatu organisasi atau kelompok tertentu dalam lingkup kecil maupun besar, namun disini kita tidak akan membicarakan tentang struktur tersebut melainkan melihat kepala dari struktur itu yaitu ketua. Ketua sendiri dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia diartikan sebagai orang tertua dan banyak pengalaman atau orang yang mengepalai atau memimpin.

Dapat disimpulkan bahwa ketua adalah seseorang yang berpengalaman dan sebagai pemimpin dalam struktur kelompok dan organisasi. Diluar dari organisasi pemimpin juga banyak digunakan dalam beberapa aspek kehidupan sebagai bentuk dari pencerminan mengatur diri dan berkembang untuk menjadi lebih baik. Begitu pula jika kita melihat ketua sebagai representasi dari diri untuk memimpin suatu kelompok atau organisasi secara baik demi tercapainya tujuan bersama.

Ketua atau pemimpin sendiri bukan hanya sekedar memimpin orang lain dan mengatur mereka agar mengikuti apa yang diperintahkan tetapi ketua juga harus mampu ikut terjun dalam menjalankan program apa saja yang menjadi tujuan bersama agar memberikan motivasi terhadap anggota yang ia pimpin. Modal utama dari menjadi seorang ketua bukan sekedar berani dan juga memiliki visi dan misi tapi juga harus memiliki kredibilitas yang jelas sehingga tidak perlu ada keraguan anggota terhadap pemimpinnya sendiri.

Kredibilitas, kemampuan dan pengalaman sudah sepatutnya dimiliki oleh seorang ketua atau pemimpin sebagai modalnya dalam menjalankan roda organisasi atau kelompok. Kredibilitas sendiri memiliki makna kepercayaan terhadap seseorang yang dianggap berkualitas dalam menggambarkan sikap orang tersebut. Pemimpin harus dapat dipercaya secara kualitas dan kemampuannya melalui pengalaman yang dimiliki, bukan hanya sekedar popularitasnya saja tetapi juga kemampuan yang harus dimiliki.

Popularitas memang penting untuk menarik seseorang bagi pemimpin akan tetapi tidak hanya sekedar popularitas saja, perlu adanya pengalaman dan kemampuan secara terampil. Disinilah sikap kredibilitas dapat terbentuk secara baik sebagai kepercayaan yang dibangun oleh seorang pemimpin, dari kemampuan inilah anggota bisa melihat secara objektif bagaimana seorang pemimpin dapat dipercaya dalam mengemban tugas dan amanatnya.


Arif Nugraha

Sumber Foto : Freepik

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo