Kegiatan Mapag Hujan Sebagai Kontribusi Kelurahan Sukamulya Terhadap Program Pemerintah Kota Bandung | Isbroad - Memberi Wawasan Memajukan Peradaban

Kegiatan Mapag Hujan Sebagai Kontribusi Kelurahan Sukamulya Terhadap Program Pemerintah Kota Bandung

 
 
Isbroad.com, Bandung – Kegiatan mapag hujan sebagai anjuran Walikota Bandung, telah dilaksanakan oleh jajaran ASN dan Non ASN serta warga kelurahan di desa Sukamulya. Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari mulai 1 Oktober sampai dengan 31 Oktober.

Mapag hujan atau menyambut hujan adalah program pemerintah kota Bandung yang dilaksanakan setiap tahun untuk menyambut datangnya musim penghujan. Dikabarkan, kegiatan mapag hujan ini sebagai antisipasi terjadinya banjir di beberapa wilayah kota Bandung. Kegiatan ini serentak dilaksanakan di 30 kecamatan kota Bandung.

"Karena hujan biasanya terjadi di empat bulan akhir tahun, dan sekarang sudah masuk bulan oktober diperkirakan akan hujan jadi kita siapkan. Mapag hujan ini untuk antisipasi datangnya hujan," ujar Nunung Siti Nur Farida Kasi Ekonomi dan Pembangunan kelurahan Sukamulya.

Beberapa hal yang dilakukan dalam kegiatan mapag hujan yaitu membersihkan sedimentasi dari sungai-sungai, membersihkan gulma, rumput-rumput liar, sampah, dan gorong-gorong. Selain itu, warga dihimbau untuk berperan aktif dalam kegiatan mapag hujan ini yang direalisasikan dalam kerja bakti lingkungan RW.

Kegiatan mapag hujan di berbagai wilayah bandung biasanya berlangsung selama dua jam. Untuk kelurahan Sukamulya, kegiatan ini dilakukan dari jam delapan sampai jam sepuluh pagi. Sebelum membersihkan beberapa area yang telah ditetapkan, para jajaran kelurahan Sukamulya melakukan upacara terlebih dahulu.

Kegiatan mapag hujan yang dilakukan di kelurahan Sukamulya terlihat berjalan lancar. Walaupun menguras tenaga dan menghasilkan keringat, tetapi yang ikut dalam kegiatan ini tidak ada unsur paksaan, semua merasa senang dan nyaman.

Setelah selesai melakukan mapag hujan, setiap kelurahan wajib untuk memberikan laporan. Setiap hari laporan tersebut dikirim ke Halo Bandung dan Diskominfo kota Bandung agar dapat dipantau oleh Penanggung Jawab Walikota Bandung.

Disamping itu, pihak kelurahan diwajibkan membuat video atau dokumentasi kegiatan mapag hujan. Video tersebut akan menjadi pemantauan sebagai terlaksananya program pemerintah kota Bandung di berbagai daerah.

Untuk informasi lebih lanjut, program ini dalam pembuatannya bertujuan untuk mengelola aliran air hujan dengan lebih baik dan mengurangi risiko banjir. Sistem Mapag Hujan mencakup berbagai inisiatif, seperti pembangunan infrastruktur pengendalian banjir, peningkatan drainase, dan pengelolaan aliran air hujan yang lebih baik.

Tidak kalah penting, edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga saluran air tetap bersih dan bebas dari sampah. Tujuan utama dari program ini adalah untuk meminimalkan risiko banjir dan memastikan bahwa air hujan dapat dialirkan dengan baik ke saluran pembuangan yang sesuai.

Reporter: Iva Fadilah

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo