3 Ranah yang Akan Kalian Temukan Ketika Menjadi Mahasiswa Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam | Isbroad - Memberi Wawasan Memajukan Peradaban

3 Ranah yang Akan Kalian Temukan Ketika Menjadi Mahasiswa Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam


Saat ini jurusan Ilmu Komunikasi cukup banyak peminatnya dari berbagai universitas di Indonesia. Karena dari prospek kerjanya saja cukup menjanjikan. Jika kamu ingin menguasai ilmu dalam berkomunikasi dan jurnalistik tetapi ilmu agamanya masih tetap diajarkan, kamu boleh sekali kepoin salah satu jurusan yang berada di setiap PTKIN di Indonesia, yaitu Komunikasi Penyiaran Islam.

Komunikasi Penyiaran Islam atau disingkat KPI ini sebenarnya hampir sama seperti jurusan ilmu komunikasi. Namun, bedanya hanya menambahkan mata kuliah yang berbasis agama Islam. Jurusan KPI terdapat pada Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

"Ah, pasti ujung-ujungnya menjadi pendakwah."

No! Tidak hanya menjadi pendakwah saja, jurusan KPI pun ternyata mempunyai prospek kerja yang cukup menjanjikan dan keren. Karena dalam jurusan tersebut terdapat tiga ranah yang akan dikuasai oleh setiap mahasiswa. Meskipun sepertinya setiap mahasiswa hanya mampu dan aktif dalam satu ranah saja, setidaknya mereka juga harus mengerti dengan ranah yang lainnya.

Terdapat tiga ranah yang tersedia di jurusan Komunikasi Penyiaran Islam yang akan kamu pelajari dan praktekkan jika kamu menjadi mahasiswa dengan jurusan tersebut, diantaranya : 

1. Ranah Khitobah (pidato dan ceramah)

Pexels.com/Pixabay

Tidak ada salahnya kok jika kamu ingin mengembangkan minatmu menjadi seorang pendakwah. Menjadi pendakwah itu profesi yang mulia, lho! Karena sang da'i dapat membimbing manusia dari hidup yang tidak tahu arah sampai berjalan di jalan yang benar. Setiap pendakwah pastinya tidak bisa merubah seseorang menjadi lebih baik dalam waktu yang cepat. Namun setidaknya mereka telah berjuang menyebarkan agama Islam serta memberitahu apa saja anjuran dan larangan yang telah dikatakan oleh Nabi Muhammad SAW.

Disini juga public speaking-mu akan terlatih bahkan tidak hanya menjadi pendakwah saja, misalnya menjadi seorang reporter, MC, dan lainnya.

2. Ranah Kitabah (kepenulisan)

Pexels.com/lil artsy

“Bila engkau bukan putra raja atau putra ulama besar, maka menulislah!”.

Masih ingatkah kamu dengan motivasi dari Imam Ghazali tersebut? Jangan menganggap bahwa aktivitas menulis itu aktivitas yang sangat mudah dan semua orang bisa melakukannya. Menulis bukan semata-mata menuangkan tinta di atas kertas atau modernnya yaitu dengan cara diketik. Menulis itu menumpahkan segala ide.

Saat ini job menulis sangat diminati oleh banyak perusahaan. Misalnya menjadi Content Writer, Copy Writer, Script Writer, dan lainnya. Bahkan salary (gaji) yang akan didapat pun tidak kecil. Nah, bagi kamu yang ingin mengembangkan minat menulismu, kamu bisa masuk jurusan ini juga.

3. Ranah I'lam (penyiaran)

Pexels.com/Donald Tump

Di jurusan Komunikasi Penyiaran Islam tidak hanya mengajarkan berkhutbah atau menulis saja, tetapi kamu juga akan diajarkan seputar dunia penyiaran mulai dari penyiaran di televisi ataupun radio. Mulai dari job depan atau belakang layar pun sepertinya akan kamu kuasai di jurusan ini.

Bagaimana? Sudah kebayang kan betapa serunya masuk jurusan ini. Sedikit tips dariku, ketika kamu memilih untuk masuk jurusan Komunikasi Penyiaran Islam, maka kamu harus aktif dalam mengerjakan segala tugas termasuk tugas membuat projek bersama teman-temanmu.

Jangan lupa untuk upload hasil projek mata kuliahmu di akun LinkedIn. Bahkan kamu juga bisa lho menambah pengalaman tersebut untuk ditaruh di LinkedIn ataupun CV (agar dilirik oleh HRD, hehee).


Alifia Nabila

Sumber Foto : Pexels.com/Monsterra

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo