Indonesia Darurat Sampah | Isbroad - Memberi Wawasan Memajukan Peradaban

Indonesia Darurat Sampah

 


Bandung, Isbroad.com - Sampah tidak bisa dipisahkna dalam kehidupan manusia sehari-hari. Manusia akan terus menghasilkan sampah dengan sendirinya tanpa dapat dihindari. Dari mulai sampah rumah tangga, sampah plastik, ataupun sampah dari kotoran manusia iti sendiri. Sampah-sampah yang dihasilkan tersebut akan terus ada dan menumpuk hingga menimbulkan berbagai masalah baru khusus nya bagi negara kita Indonesia.

Minimnya kesadaran tentang cara pengolahan sampah yang baik dan benar di Indonesia adalah masalah terbesar yang harus diselesaikan oleh seluruh kalangan masyarakat. Tidak jarang masyarakat di Indonesia cenderung langsung membuah semua jenis sampah langsung dalam bentuk mentah dan mencampur semua jenis sampah kedalam kantong pembuangan. Semestinya sampah yang dibuang harus dalam kondisi benar-benar layak buang serta harus melakukan pemisahan jenis sampah.

Pemisahan jenis sampah secara mandiri adalah salah satu cara untuk mengatasi masalah sampah di Indonesia yang kian hari semakin memburuk. Banyak negara maju yang sudah menerapkan cara tersebut seperti Jepang dan Korea Selatan. Salah satu manfaat pemisahan jenis sampah secara mandiri adalah membantu serta memudahkan pengolahan sampah ketahap berikutnya. Di Korea Selatan bahkan setiap jenis sampah memiliki kantong sampahnya masing-masing seperti, untuk jenis plastik, organik, besi atau logam, dan bahkan permen karet memiliki golongan nya tersendiri.

Pemerintah di Indonesia sudah berupaya semaksimal mungkin untuk mengurangi penggunaan sampah yang berlebih setiap harinya di Indonesia. Dimulai dengan kebijakan wajib membayar kantong plastik di supermarket, tidak membuang sampah ke sungai, menganjurkan membawa tas belanja sendiri, hingga membawa kotak makan sendiri saat membeli makanan cepat saji. Semua itu adalah upaya pemerintah untuk menekan penggunaan sampah di Indonesia.

Kurangnya literasi akan bahaya sampah di Indonesia merupakan penyebab utama mengapa sampah di Indonesia semakin bertambah. Yang mereka tahu hanya membuang sampah saja setiap harinya tanpa memikirkan apa yang akan terjadi setelahnya. Padahal sampah yang dibuang tidak akan langsung hilang dan terurai dalan semalam saja tanpa menimbulkan masalah apapun.

Menggunakan sampah kembali atau mendaur ulang merupakan satu-satunya cara yang bisa dilakukan kita masyarakat Indonesia untuk mengurangi sampah yang ada. Pemerintah sudah melakukan tugasnya dengan baik, tinggal kita masyarakat Indonesia agar lebih peduli terhadap lingkungan guna menciptakan pola hidup yang lebih baik. Bahkan dengan mendaur ulang sampah, akan membuat perekonomian di Indonesia meningkat pesat apabila dilakukan dengan cermat.


Dandynal Akbar Sudrajat

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo