Tips Berpuasa yang Perlu Kamu Ketahui | Isbroad - Memberi Wawasan Memajukan Peradaban

Tips Berpuasa yang Perlu Kamu Ketahui

 


Bandung, Isbroad.com - Ketika berpuasa tentunya kita dilarang untuk makan dan minum, namun tubuh kita harus memiliki kestabilan dalam berpuasa agar puasa kita lancar. Semua orang berharap agar ibadah puasa berjalan lancar hingga akhir Ramadan. Ada banyak manfaat dalam puasa salah satunya mengurangi reaksi inflamasi atau peradangan. Manfaat dari puasa bisa didapatkan secara optimal ketika Anda dapat menerapkan pola hidup sehat selama bulan puasa. Ada beberpa tips agar puasa kita dijalankan secara maksimal dan ada dalam Kesehatan, diantaranya:

1. Persiapkan tubuh Anda secara mental dan fisik sebelum Ramadan

Ketika berpuasa kita harus mempersiapkan segala hal yang yang bisa membuat kita kuat dalam berpuasa, dantaranya kiata harus mengkonsumsi makanan yang sehat agar tubuh kita kuat selama berpuasa serta kita harus memenuhi jam istirahat kita selama 8 jam setiap malamnya agar tubuh kita fresh dalam menjalankan ibadah puasa.

2. Perbanyak konsumsi air putih selama sahur dan berbuka puasa

Salah satu tantangan yang dihadapi saat berpuasa adalah potensi dehidrasi. Maka itu, kebutuhan hidrasi tubuh perlu tetap dipenuhi dengan baik, dengan cara cukup minum air saat sahur dan berbuka, dianjurkan untuk tetap minum 8 gelas air mineral setiap hari. Pola minum air selama puasa dapat dilakukan pembagian 2-4-2, yaitu 2 gelas saat berbuka, 4 gelas antara buka dan sahur, dan 2 gelas lagi saat sahur.

3. Pilih makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, protein, dan serat tinggi saat sahur

Dalam memilih makanan kita harus lah selektif dalam memilih makanan yang akan kita konsumsi diantaranya kita harus mmengkonsumsi makana yang mengandung karbohidrat komplek seperti, beras, gandum, roti, kentang. Kemudian kita juga harus banyak mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung serat yang tinggi atau yang memiliki kadar air yang tinggi seperti, pisang, apel, semangka, melon dan lain-lain.

4. Jangan melewatkan sahur, karena sahur dapat memberikan energi yang cukup untuk berpuasa seharian

Untuk melaksanakan ibadah puasa, agar kita tidak cepat merasa lapar maka kita dianjurkan bahkan bisa menjadi keharusan kita melakukan sahur agar kita memiliki energi yang cukup untuk melaksanakan puasa hingga maghrib. Dan juga sahur menjadikan keberkahan kita dalam melakukan ibadah puasa.

5. Perbanyak ibadah dan zikir selama bulan Ramadan untuk meningkatkan keimanan dan ketenangan batin

Ketika berpuasa kita diharuskan untuk memperbanyak ibadah dan dzikir, diantaranya membaca Al-quran, dzikir-dzikir pendek, iktikaf, bersedekah, dan lain-lain. Karena dalam bulan Ramadhan pahala akan dilipat gandakan.

6. Olahraga ringan atau berjalan-jalan pada saat pagi atau sore hari

Aktivitas olahraga yang ringan lebih baik yang dapat dilakukan seperti yoga, jalan kaki, maupun stretching.


Ahmad Fahmi

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo