Filsafat Sebagai Kerangka Berpikir | Isbroad - Memberi Wawasan Memajukan Peradaban

Filsafat Sebagai Kerangka Berpikir

 


Bandung, isbroad.com - Pada dasarnya pengetahuan saat ini tidak terlepas dari perkembangan zaman yang mengalami perubahan-perubahan secara masif, ini tidak terlepas bahwa filsafat pada zaman Yunani kuno dapat mempengaruhi pemikiran yang ada pada saat ini. Karena pada zaman Yunani kuno pengetahuan tidak terlalu jauh berbeda dengan filsafat, pola pikir yang dianut pada zaman tersebut merupakan cikal bakal dan akar dari ilmu pengetahuan yang biasa disebut dengan filsafat. Hubungan antara pengetahuan dan filsafat memiliki integral yang sama dalam membentuk suatu pola pikir, sehingga dapat mencari suatu kebenaran berdasarkan logika, fakta dan suatu prinsp ilmiah. 

Melalui sejarah Yunani kuno kita dapat melihat bahwa filsafat dapat merubah pola fikir dan melihat suatu kebenaran yang didasari atas logika dan fakta sehingga ini dapat merubah pola fikir umat manusia dalam mencari kebenaran tanpa melihat suatu tahayul ataupun mitos yang belum tentu ada benarnya, menandakan bahwa suatu kebenaran itu harus memiliki logika, fakta, serta suatu prinsip ilmiah yang dapat dibuktikan apa adanya.

Dengan suatu perkembangan pada zaman sekarang ini menandakan kita sebagai umat manusia sudah seharusnya mengikuti perkembangan teknologi dan informasi, tentunya dengan ilmu pengetahuan yang didasari atas prinsip ilmiah melalui teknologi dan sumber informasi yang terus berkembang. Prinsip ilmiah ini diambil dengan logika dan fakta sehinggan dapat melihat kebenaran yang teruji secara terus menerut dan dapat diterima oleh khalayak umum sebagai teori ilmiah. 

Ketika menggunakan teknologi dan informasi seharusnya menggunakan suatu unsur yang ilmiah, sehingga mendapatkan hasil yang dapat dipertanggung jawabkan. Berpikir ilmiah seharusnya berdasarkan atas sain dan ilmu pengetahuan, dengan pola pikir yang sistematis, dan mempunyai kebenaran untuk dipertanggung jawabkan, semuanya bersumber dari filsafat ilmu.

Dengan adanya filsafat kita dapat memahami arti sebuah pola pikir yang baik dalam melaksanakan suatu tindakan yang didasari atas fakta dan logika, sehingga menimbulkan suatu kebenaran yang dapat diuji secara rasio. Ini mengapa filsafat sangat penting bagi kehidupan manusia sebagai kerangka berpikir yang baik dan menetapkan suatu kebenaran melalui proses yang panjang dan juga sistematis, contohnya ketika kita mendapatkan suatu pengetahuan yang baru kita dapat mengaplikasiakan kerangka berpikir tersebut sebagai dasar memahami suatu hal.


Arif Nugraha
Sumber foto : Freepik.com

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo