Beberapa Amalan dan Doa yang di Anjurkan Sebelum Beribadah Haji | Isbroad - Memberi Wawasan Memajukan Peradaban

Beberapa Amalan dan Doa yang di Anjurkan Sebelum Beribadah Haji

Bandung, Isbroad.com - Ibadah haji merupakan rukun islam ke lima yang menjadi ibadah pelengkap yang wajib dilaksanakan untuk orang yang benar-benar mampu dan mempunyai bekal yang cukup disertai dengan mental dan keadaan yang sehat. Allah menegaskan mengenai kewajiban rukun islam ke lima ini dalam Al-Qur'an : 

وَللَّهِ عَلَى النَّاسِ حِجُّ الْبَيْتِ مَنِ اسْتَطَاعَ إِلَيْهِ سَبِيلاً وَمَن كَفَرَ فَإِنَّ الله غَنِيٌّ عَنِ الْعَالَمِينَ  

Artinya, “Dan (di antara) kewajiban manusia terhadap Allah adalah melaksanakan ibadah haji ke Baitullah, yaitu bagi orang-orang yang mampu mengadakan perjalanan ke sana. Barangsiapa mengingkari (kewajiban) haji, maka ketahuilah bahwa Allah Mahakaya (tidak memerlukan sesuatu) dari seluruh alam. (QS Ali ‘Imran [3]: 97).

Ada beberapa amalan yang dapat dilakukan sebelum melakukan ibadah haji agar dapat menyempurnakan kegiatan ibadah haji, diantaranya: 

1. Taubat

Allah sangat menyukai hambanya yang mau bertaubat dan memohon ampunan kepada Allah, maka amalan pertama yang harus dilakukan sebelum melaksanakan ibadah haji adalah dengan memohon kepada Allah atas segala dosa dan perbuatan yang telah diperbuat serta kemudian mengembalikan hak-hak orang lain yang telah diperoleh atas mereka seperti membayar hutang atau mengembalikan barang yang pernah dipinjam. 

2. Melaksanakan Shalat Sunnah Dua Rakaat dan Berdoa

Sebelum berangkat haji, para jamaah haji dianjurkan untuk melaksanakan shalat sunnah dua rakaat pada umumnya, namun pada rakaat pertama dianjurkan membaca surat Al Kafirun dan pada rakaat kedua membaca surat Al Ikhlas. Setelah selesai melaksanakan shalat sunnah maka membaca doa berikut : 

اللهم أَنْتَ الصَّاحِبُ فِي السَّفَرِ وَأَنْتَ الْخَلِيْفَةُ فِي الْأَهْلِ وَالْمَالِ وَالْوَلَدِ وَالْأَصْحَابِ اِحْفَظْنَا وَإِيَّاهُمْ مِنْ كُلِّ آفَةٍ وَعَاهَةٍ اللهم إِنَّا نَسْأَلُكَ فِي مَسِيْرِنَا هَذَا الْبِرَّ وَالتَّقْوَى وَمِنَ الْعَمَلِ مَا تَرْضَى اللهم إِنَّا نَسْأَلُكَ أَنْ تَطْوَى لَنَا الْأَرْضَ وَتُهَوِّنَ عَلَيْنَا السَّفَرَ وَأَنْ تَرْزُقَنَا فِي سَفَرِنَا سَلَامَةَ الْبَدَنِ وَالدِّيْنِ وَالْمَالِ وَتُبَلِّغَنَا حَجَّ بَيْتِكَ وَزِيَارَةَ قَبْرِ نَبِيِّكَ مُحَمَّدٍ صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ.  

Artinya, “Ya Allah, Engkau adalah kawan dalam perjalanan dan Engkau adalah penjaga keluarga, harta, anak, dan teman, selamatkan kami dan mereka dari setiap petaka dan penyakit. Ya Allah, dalam perjalanan ini kami memohon kepada-Mu kebaikan, ketakwaan, dan amal yang Engkau ridhai. Ya Allah, dekatkan dan mudahkanlah perjalanan ini untuk kami. Anugerahkan pada kami dalam perjalanan ini keselamatan badan, agama, harta, serta sampaikanlah kami untuk menunaikan haji ke rumah-Mu dan menziarahi makam Nabi-Mu Muhammad saw.

3. Membaca Doa Naik Kendaraan

Ketika hendak menaiki kendaraan, maka jamaah haji dianjurkan membaca doa berikut: 

بِسْمِ اللَّهِ وَبِاللَّهِ وَاللَّهُ أَكْبَرُ، تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ، لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيمِ، مَا شَاءَ اللَّهُ كَانَ، وَمَا لم يشاء لَمْ يَكُنْ، سُبْحَانَ اللَّهِ الَّذِي سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ، وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُونَ. اللهم إِنِّي وَجَّهْتُ وَجْهِيْ إِلَيْكَ وَفَوَّضْتُ أَمْرِيْ كُلَّهُ إِلَيْكَ وَتَوَكَّلْتُ فِي جَمِيْعِ أُمُوْرِيْ عَلَيْكَ أَنْتَ حَسْبِيْ وَنِعْمَ الْوَكِيْل   

Artinya, “Dengan menyebut nama Allah, dengan (pertolongan) Allah, dan Allah Maha Besar. Aku berserah diri kepada Allah, tiada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah Yang Maha Mulia, dan Maha Agung. Apa yang Allah kehendaki, maka ia aka nada, dan apa yang tidak Dia kehendaki, maka tidak ada. Mahasuci Allah, yang telah menundukkan semua ini bagi kami padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya, dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami. Ya Allah, sungguh aku menghadapkan wajahku kepada-Mu, dan memasrahkan semua urusanku kepada-Mu, aku berserah kepada-Mu dalam semua urusanku, Engkau yang mencukupiku dan dan sebaik-baik pelindung.”

4. Shalat Sunnah Dua Rakaat dan Doa Ketika Sampai 

Sebagaimana dianjurkanmya melakukan shalat sunnah dua rakaat sebelum berangkat, maka sesudah sampai juga dianjurkan melakukan shalat sunnah sama seperti shalat sebelum berangkat, kemudian membaca doa : 

أَعُوذُ بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّاتِ الَّتِى لاَ يُجَاوِزُهُنَّ بَرٌّ، وَلاَ فَاجِرٌ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ  

Artinya, “Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna, yang tidak dapat dijangkau orang yang baik dan yang jahat dari keburukan semua makhluk.”  

Demikian beberapa amalan yang dapat dilakukan sebelum berangkat haji agar ibadahnya menjadi lebih sempurna dan diridhai Allah, amalan tersebut berdasarkan pada penjelasan Imam Al Ghazali dalam kitab Ihya Ulumuddin.


Afriani Awaliyah 

Sumber Foto : Pexels.com/Konevi

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo