Jawa Barat Sebagai Pencetus Peringatan Hari Penyiaran Daerah | Isbroad - Memberi Wawasan Memajukan Peradaban

Jawa Barat Sebagai Pencetus Peringatan Hari Penyiaran Daerah

 

Bandung, Isbroad.com- Seiring perkembangan zaman yang berkembang dengan pesat, kini dalam hal penyiaran pun di Indonesia baik televisi dan radio memiliki perkembangan dengan pesat. Pada tahun 2023 ini Jawabarat mencatatkan sejarah dalam dunia penyiaran, dimana pertama kalinya Hari Penyiaran Daerah (Harsiarda) di Indonesia.

Hal ini disampaikan oleh ketua KPID JawaBarat, yaitu Adiyana Slamet, beliau berprndapat bahwa penyiaran merupakan momen yang sangat penting untuk kita peringati. “Kami adalah satu-satunya Provinsi yang ada di Indonesia yang menggagas untuk Perayaan Hari Penyiaran Daerah, karena bagi kami penyiaran itu menjadi faktor yang penting untuk menumbuhkan berbagai sector di Indonesia,” ungkap Adiyana.

Beliau menjelaskan bahwa  JawaBarat merupakan Provinsi yang memiliki lembaga penyiaran yang paling banyak, yaitu 437 yang tersebar di 27 kota/kabupaten.
Pada acara ini dihadiri juga oleh Gubernur JawaBarat yaitu Ridwan Kamil beserta istrinya, kemudian turut hadir juga ketua KPI Pusat, dan Komisi satu DPR.

Pada pidatonya beliau ingin menjadikan lembaga penyiaran sebagai pusat informasi yang edukatif, actual dan faktua. Dan juga informasi tidak harus melalui stasiun tv dan radio, melain kan bisa memanfaatkan platform media sosial seperti Youtube, Instagram,  dan media sosial lainnya dengan konten yang menarik dan edukatif.

Sambung beliau, konten-konten yang bersifat “receh” lebih menarik perhatian masyarakat daripada konten yang bersifat full edukasi. Dan beliau menyarankan konten-konten yang hadir di platform media sosial hari ini, disamping receh haruslah diselipkan hal-hal yang mengedukasi masyarakat.

Pada kesempatan kali ini dalam Hardiarda 2023, Gubernur Ridwan Kamil mendapatkan penghargaan dari enam asosiasi penyiaran dan dudkungan dari Pemprov Jabar yang dianugrahkan demi kemajuan dunia penyiaran. Keenam asosiasi penyiaran tersebut adalah, Asisiasi Televisi Siaran Digital Indonesia (ATSDI), Asosiasi Televisi Nasional Indonesia (ATVNI), Asosiasi Televisi Swasta Indonesia (ATVSI), Jaringan Radio Komunitas (JRK), Asosiasi Siaran Swasta Lokal Indonesia (ARSSLI), Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia (PRSSNI).

Terakhir, Gubernur Ridwan Kamil meresmikan peluncuran Pengawasan Media Digital atau “Pasagi” saat peringatan Harsiarda 2023 ini di Trans Studio Bandung. “Pasagi sangat oenting karena ada ribuan atau jutaan konten yang dikonsumsi masyarakat yang luput dari pengawasan negara karena regulasinya belum sampai ke situ. Jadi Pasagi ini adalah inisiatif Jawa Barat,” ujarnya.

Untuk Program Pasagi ini diserahkan sepenuhnya kepada KPID Jabar sepenuhnya selaku pengawas dna regulator lembaga penyiaran dengan dukungan seluruh lembaga penyiaran, asosiasi dan kolaborasi dengan pihak terkait.

Ahmad Fahmi

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo