Menggali Tradisi saat Idul Adha di Sejumlah Daerah Indonesia | Isbroad - Memberi Wawasan Memajukan Peradaban

Menggali Tradisi saat Idul Adha di Sejumlah Daerah Indonesia

 


Bandung, Isbroad.com - Idul Adha merupakan salah satu hari Raya umat muslim. Yang mana hari pada hari ini dikenal dengan peristiwa kurban yang mana pada saat itu Nabi Ibrahim harus dengan ikhlas mengorbankan putranya yang ia nantikan selama beberapa tahun lamanya yaitu Nabi Isma'il sebagai representasi dari kepatuhan Nabi Ibrahim kepada Allah SWT.  


Pada tahun 2023 ini, hari Raya Idul Adha atau 1 dzulhijjah 1444 H dilaksanakan pada hari kamis tanggal 29 Juni 2023. Biasanya pada saat hari raya idul adha jamaah melakukan sholat id terlebih dahulu dan setelah itu masuk kedalam prosesi penyembelihan hewan kurban. Namun di Indonesia sendiri yang memiliki beragam budaya dan tradisi pastinya memiliki keunikan masing-masing dalam merayakan idul adha ini. 


Misalnya tradisi manten sapi yang ada di Pasuruan. Tradisi ini merupakan kebiasaan yang dilakukan oleh masyarakat Pasuruan saat idul adha, dimana sapi yang akan disembelih dirias terlebih dahulu seperti pengantin. Hal tersebut dilakukan oleh masyarakat Pasuruan sebagai bentuk rasa syukur dan penghormatan kepada hewan kurban yang akan disembelih. 


Selain itu juga ada tradisi gamelan sekaten yang ada di Cirebon. Yang mana pada hari besar agama islam gamelan sekaten akan dibunyikan. Tradisi ini berasal dari Sunan Gunung Jati pada saat menyampaikan ajaran ajaran islam. 


Dan masih banyak lagi tradisi yang biasa dilakukan di setiap daerah. Dari banyaknya tradisi yang ada pastinya merupakan perwujudan dari rasa syukur umat muslim dalam merayakan idul adha ini.


Dewi Sri H

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo