Pemerintah Tetapkan Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama untuk Hari Raya Idul Adha 2023 | Isbroad - Memberi Wawasan Memajukan Peradaban

Pemerintah Tetapkan Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama untuk Hari Raya Idul Adha 2023

Bandung, Isbroad.com - Pemerintah telah menetapkan tanggal 28 dan 30 Juni 2023 sebagai hari cuti bersama, sementara tanggal 29 Juni 2023 akan menjadi hari libur nasional untuk memperingati Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah. 

Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri No 624/2023, No 2/2023, No 2/2023 yang diteken oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas mengatur hal ini.

Menteri Abdullah Azwar Anas mengonfirmasi hal ini dan menyatakan bahwa libur Idul Adha 2023 akan menjadi tiga hari, tetapi masih menunggu persetujuan Presiden Joko Widodo. 

Azwar menjelaskan bahwa SKB harus diubah jika libur Idul Adha ditambah, dan melibatkan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Menteri PAN-RB, Menteri Agama, dan Menteri Tenaga Kerja.

Usulan penambahan cuti bersama ini telah dibahas dalam rapat di Sekretariat Negara. Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Abdul Mu'ti, telah mengusulkan agar ada dua hari libur jika Hari Raya Idul Adha yang ditetapkan oleh Muhammadiyah dan pemerintah berbeda.

Muhammadiyah menetapkan Idul Adha pada tanggal 28 Juni 2023, sementara pemerintah menetapkan pada tanggal 29 Juni 2023. 

Usulan Mu'ti adalah agar tanggal 28 Juni 2023 juga menjadi hari libur nasional agar warga Muhammadiyah dapat melaksanakan shalat Id dengan tenang. 

Hal ini dikarenakan beberapa tahun sebelumnya, anggota Muhammadiyah yang menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Aparatur Sipil Negara (ASN) di berbagai daerah harus masuk kerja pada hari ketika warga Muhammadiyah lainnya melaksanakan shalat Id.

Mu'ti berpendapat bahwa libur selama dua hari, yaitu tanggal 28 atau 29 Juni 2023, akan disetujui oleh pegawai negeri.


Adly Fahmi

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo