Donor Darah Menyehatkan dan Memberi Kehidupan | Isbroad - Memberi Wawasan Memajukan Peradaban

Donor Darah Menyehatkan dan Memberi Kehidupan

 

Donor darah adalah kegiatan menyumbangkan sebagian darahnya kepada bank darah untuk digunakan dalam transfusi darah kepada pasien yang membutuhkan, seperti mereka yang membutuhkan penanganan medis, mengalami cedera serius, operasi, atau kondisi tertentu. Ini merupakan kontribusi penting dalam upaya penyelamatan nyawa.

Bagi Anda yang baru pertama kali ingin mendonorkan darah, jangan khawatir untuk coba hal baru yang positif untuk hidup orang lain. 

Pasalnya, donor darah memiliki segudang manfaat. Maka dari itu, persiapkan dirimu untuk menjaga kesehatanmu! 

Maka dari itu, Apa saja manfaat tersebut? Berikut penjelasannya.

1. Meningkatkan Kesehatan Jantunga

Manfaat donor darah secara rutin adalah bisa mengurangi kekentalan darah yang menjadi faktor risiko penyakit jantung. 

Menurut American Journal of Epidemiology, aktivitas donor darah mampu menurunkan risiko penyakit jantung sebesar 33% dan serangan jantung sebesar 88%.

Hal tersebut dikarenakan donor darah bisa membantu tubuh membuang kelebihan zat besi. Sehingga kadar zat besi menjadi lebih stabil dan risiko terkena penyakit jantung serta pembuluh darah dapat berkurang.

2. Menurunkan Berat Badan

Menurut University of California San Diego, mendonorkan darah sebanyak 450 mililiter sama halnya membakar kalori tubuh sebanyak 650 kalori. 



Sehingga dapat dikatakan manfaat donor darah adalah membantu Anda menurunkan berat badan serta menghindarkan dari risiko obesitas akibat kelebihan zat besi yang bisa mengakibatkan oksidasi kolesterol. 

Namun, di larang keras untuk tidak menjadikan donor darah sebagai ‘ajang’ menurunkan berat badan, karena donor darah secara berlebihan juga tidak baik bagi kesehatan.

3. Kepuasan Psikologis

Anda perlu tau bahwa 1 kantong darahmu itu bisa berpengaruh apa untuk orang lain, Dengan membantu memberikan sesuatu yang berharga, tentu membuat kita mendapatkan kepuasan psikologis tersendiri bukan?

4. donor darah juga bisa membantu dalam mendeteksi penyakit serius secara dini. Jika ada hal yang mencurigakan ditemukan dalam hasil pemeriksaan darah, pusat donor darah akan memberi tahu Anda untuk berkonsultasi dengan dokter guna evaluasi lebih lanjut. Ini dapat membantu dalam mendeteksi penyakit secara lebih awal.

Dapat kita tarik kesimpulan dari manfaat donor darah adalah bahwa tindakan ini tidak hanya membantu menyelamatkan nyawa orang lain, tetapi juga memiliki dampak positif pada kesehatan diri sendiri.



Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo