Hari Ke - 2 KKN Reguler Sisdamas Kelompok 298 Desa Budiharja Kec. Cililin Kab. Bandung Barat | Isbroad - Memberi Wawasan Memajukan Peradaban

Hari Ke - 2 KKN Reguler Sisdamas Kelompok 298 Desa Budiharja Kec. Cililin Kab. Bandung Barat

 Jenis KKNKKN Reguler Sisdamas

Hari : ke 2

Tanggal: 12 juli 2023

Kegiatan:

1. Silaturahmi dengan Ketua RW 03
2. Silaturahmi dengan Ketua RT 03
3. Silaturahmi dengan Guru Ngaji Mesjid Sekitar

Deskripsi

1. Hasil wawancara dengan Ketua RW 03: Dusun 2 terdiri dari 3 RW yaitu: RW 3, 4 dan 9. Kegiatan pada RW 03 ini yaitu diantaranya terdapat pengajian anak-anak pada jam 4 sore sampai jam 5 sore. Untuk pengajian bapak-bapak pada hari jumat selesai solat jumat. Adapun kegiatan unggulan pada RW 03 yaitu:
a. Perikanan : Pemilik perikanan biasanya terdapat milik pribadi dan juga milik kelompok. Ikan yang dipanen dengan jenis ikan Nila, ikan Fatin dan Ikan Mas. Untuk panen yaitu setiap 3 bulan sekali.
b. Pertanian : Tanaman yang ditanam yaitu ada cabe kriting, timun, palawija
c. Pengrajin anyaman: Kerajinan yang dibuat yaitu seperti bakul nansi, nyiru, kerambah dan sebagainya. Sistem penjualan dibeli oleh Bandar bisa juga dapat dibeli secara lansung. 
d. Kegiatan rutinan yang diadakan pada rw 03 ini ketika ada PHBI dari inisiasi desa suka ada pawai obor, terdapat juga gotong royong rutin, namun untuk tahun sekarang tidak ada karena masih terdapat panas pesta demokrasi setelah pemilihan kepala desa. Untuk kegiatan ibu PKK selalu megadakan posyandu setiap tanggal 13 atau 14 setiap bulannya.  Untuk permasalahan lingkup RW 03 ini yaitu terkait permasalahan sampah, masih banyak warga yang membuang sampah sembarang bahkan karena dekat degan waduk, ditakutkan mengancam bahaya bagi peternakan ikan. Terdapat TPS di Desa yang telah berdiri selama 1 tahun dan fasilitas yang telah disediakan telah lengkap. Akan tetapi penggunaan TPS masih belum berjalan.
2. Membicarakan megenai jumlah warga yang berada di wilayah RT 3, posyandu yang dilakukan oleh ibu PKK yang diadakan setiap tanggal 13/14 dan juga terkait keaktifan dari karang taruna pada rw 03 tersebut.




Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo