Kelurahan Cibangkong Bagikan Hasil Panen Sayuran untuk Anak-anak Stunting | Isbroad - Memberi Wawasan Memajukan Peradaban

Kelurahan Cibangkong Bagikan Hasil Panen Sayuran untuk Anak-anak Stunting

Isbroad.com, Bandung - Kelurahan Cibangkong Kota Bandung telah berhasil menggelar program unik, yaitu BUAS (Bantuan untuk Anak Stunting) yang melibatkan kolaborasi antara pemerintah kelurahan dan ibu-ibu PKK setempat, Rabu (20/09/2023). Program ini bertujuan untuk membantu anak-anak stunting serta mengedukasi masyarakat tentang pentingnya konsumsi sayuran dalam gizi sehari-hari.
Bantuan yang diberikan oleh pihak kelurahan berupa aneka sayuran. Dan pada kesempatan ini, giliran RW 05 dan RW 13 yang menjadi pelaksana kegiatan BUAS (Bantuan untuk Anak Stunting) ini. Dan akan digilir setiap kegiatan dilaksanakan.
Kegiatan yang diinisiasi oleh Kelurahan Cibangkong ini mengajak masyarakat sekitar untuk terlibat dalam panen sayuran di sebuah kebun yang telah disiapkan khusus. Ibu-ibu PKK dengan semangat gotong-royong bersama-sama merawat tanaman, mulai dari penyemaian hingga pemeliharaan. Dalam beberapa pekan, kebun tersebut berhasil menghasilkan berbagai jenis sayuran segar.
"Dalam rangka mengurangi angka stunting di darerah Cibangkong, kami bekerja sama dengan warga di sekitar Kelurahan Cibangkong untuk bercocok tanam sayuran di kebun yang kita kelola bersama dan hasilnya akan dipanen dan dibagikan ke anak-anak stunting yang ada di Kelurahan Cibangkong." Kata Agi Wahyudi, Staff Kelurahan Cibangkong.
Agi Wahyudi juga mengakatan bahwa kegiatan ini dilakukan secara rutin namun tidak ada tanggal pastinya. Yang bisa mereka pastikan adalah, pembagian sayuran untuk anak-anak stunting ini bisa dilakukan beberapa kali dalam sebulan.
Hari ini, dalam acara BUAS (Bantuan untuk Anak Stunting), Kelurahan Cibangkong bersama ibu-ibu PKK melaksanakan panen di kebun tersebut. Warga yang mendapat giliran hadir dengan antusias menyambut momen ini. Kegiatan ini diwarnai dengan senyuman dan rasa kebersamaan yang begitu kuat.
Namun, yang membuat acara ini begitu istimewa adalah tujuan akhir dari panen ini. Hasil panen sayuran tersebut tidak hanya dinikmati oleh warga yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini, tetapi juga akan dibagikan kepada anak-anak stunting di kelurahan ini. 
Dalam upaya untuk meningkatkan gizi dan kesehatan mereka, pemerintah kelurahan bersama ibu-ibu PKK akan mendistribusikan sayuran hasil panen ini secara gratis kepada anak-anak yang membutuhkan. Dan saat semua anak-anak stunting sudah mendapatkan sayurannya, sisa sayuran akan diberikan ke warga yang membutuhkan.
Acara penyerahan hasil panen kepada anak-anak stunting dijadwalkan akan dilaksanakan dalam beberapa pekan mendatang. Kelurahan Cibangkong berharap bahwa inisiatif ini akan menjadi contoh inspiratif bagi komunitas lainnya untuk berkolaborasi dalam usaha meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan bersama. 
Reporter : Hamzah Akmal

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo