LPM Kelurahan Cigending Adakan Workshop P3MK untuk Edukasi Pemilahan Sampah | Isbroad - Memberi Wawasan Memajukan Peradaban

LPM Kelurahan Cigending Adakan Workshop P3MK untuk Edukasi Pemilahan Sampah

Isbroad.com, Bandung - Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Cigending mengadakan workshop P3MK yang merupakan singkatan dari Partisipasi Perencanaan Pembangunan Masyarakat Kelurahan Cigending. Workshop ini dilaksanakan di aula Kelurahan Cigending, pada Sabtu (16/9/2023) dan diikuti oleh para ketua RT, RW, dan PKK. Diadakannya workshop ini berkaitan dengan adanya penumpukan sampah di Kota Bandung yang tak terbendung, ditambah tersiarnya kabar kebakaran Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sarimukti di Kabupaten Bandung sejak 19 Agustus—11 September.

Workshop P3MK merupakan momen edukasi kepada para ketua RT dan RW di Kelurahan Cigending, agar mereka lanjut mengedukasi kepada warganya untuk memilah sampah dari rumah sehingga meminimalisir penumpukan sampah.

"Sekarang teh, Kota Bandung lagi darurat sampah. Jadi intinya mah tiap kelurahan itu ya harus bisalah memilah. Terus kalau bisa jangan sampai ada sampah gitu. Jadi, kangpisman digerakkan lagi per wilayah. Ini udah menuju per RT sekarang," jelas Nia Kurniawati, perwakilan ketua RT di RW 02.

Dengan adanya edukasi perihal pemilahan sampah ini, diharapkan permasalahan sampah di Kota Bandung cepat diatasi, dan warga menyadari hal ini sehingga program Kangpisman benar-benar kembali digencarkan.

"Harapannya, masalah sampah bisa cepat diatasi, mudah-mudahan. Terus ada kesadaran dari warganya," ujar Nia Kurniawati, perwakilan ketua RT di RW 02.

Meski workshop P3MK terkait pemilahan sampah baru diadakan, tetapi pemilahan sampah sudah mulai berjalan di RW 02. Pemilahan sampah ini diawali dengan pengumpulan sampah organik di masing-masing rumah warga dalam ember tertutup. Di mana sampah organik yang dikumpulkan ini akan diangkut oleh gober menuju RW 09 untuk dilakukan pencacahan. Karena sampai saat ini, Kelurahan Cigending baru memiliki 1 mesin pencacah yang ditempatkan di RW 09.

Lain lagi dengan sampah anorganik, yang dikumpulkan di bank sampah RW 02. Di bank sampah tersebut, sampah anorganik ditimbang dan disetor ke pengurus bank sampah. Uangnya pun disedekahkan sebagai kas bank sampah.

Bisa dikatakan, RW 02 merupakan satu-satunya RW di Kelurahan Cigending yang sudah mulai menerapkan pemilahan sampah. Meski begitu, pengolahan sampah di RW 02 belum bisa dikatakan cukup baik, karena adanya warga yang belum ikut andil dalam pemilahan sampah tersebut.

"Kalau terkelola dengan baik, belum sih. Karena belum semua. Baru, ya, mungkin dari satu RT itu ada beberapa rumah yang udah bisa ikut berpartisipasi dalam pemilahan," sanggah Sukmayani, salah satu anggota LPM lainnya.

Berkaitan dengan hal itu, para ketua RT dan RW dihimbau untuk melakukan edukasi mengenai pemilahan sampah terhadap warganya dalam waktu dekat agar pemilahan sampah bisa segera dilakukan secara serempak oleh seluruh warga Kelurahan Cigending.

(Reporter: Habibah)

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo