Hindari Kekeringan, Pemerintah Kecamatan Ujungberung Gelar Salat Istisqa | Isbroad - Memberi Wawasan Memajukan Peradaban

Hindari Kekeringan, Pemerintah Kecamatan Ujungberung Gelar Salat Istisqa

Isboard.com, Bandung - Pemerintah Kecamatan Ujungberung menggelar salat Istisqa di Alun-Alun Ujungberung pada Kamis (21/9/2023).  Salat Istisqa ini serentak dilaksanakan di beberapa tempat daerah Kecamatan Ujungberung, salah satunya di Alun-Alun Ujungberung.

Disampaikan oleh Drs. H. Juhana, M. Pdi,  Ketua DKM Masjid Besar Kaum Ujungberung dalam sambutannya bahwa keputusan melaksanakan salat Istisqa karena mengingat sudah lama tidak turun hujan sehingga megakibatkan kekeringan di beberapa wilayah kecamatan Ujungberung.

"Alhamdulillah, kamis sore setelah dilaksanakan salat Istisqa di beberapa wilayah telah turun hujan. Walaupun hujan hanya terjadi hari itu saja yaa, mungkin kedepannya kita harus menggelar kembali salat Istisqa, memohon kepada Allah supaya wilayah kita kembali Allah rahmati dengan hujan," tuturnya.

Dalam pidato yang disampaikan Abriwansyah Fitri, AP, S. Sos, M. Ap, Camat Ujungberung mengajak seluruh masyarakat untuk terus berdoa agar kekeringan yang melanda, baik dalam kehidupan sehari-hari maupun pertanian dan perkebunan segera diberikan rezeki dengan turunnya hujan.

"kita manusia tentu memiliki keterbatasan, oleh karena itu mari kita luruskan niat untuk memohon belas kasih dan ampunan Dzat yang Maha Pengasih Penyayang lagi Maha Pengampun  agar semua kekeringan dan kemarau panjang ini segera berakhir, dengan memohon rahmatnya agar negeri ini diberi hujan melalui salat istisqa ini," katanya.

Dalam kesempatan tersebut, K.H. Drs. Khairuman Abdul Jalil,  Ketua Majlis Ulama Indonesia (MUI) Ujungberung menyampaikan bahwa salat istisqa yang dilaksanakan ini merupakan sarana bertaubat dan berserah diri atas ketentuan yang telah ditentukan oleh Dzat Pemilik langit dan bumi.

"Ibadah salat istisqa ini, kita laksanakan dengan penuh harapan maghfiroh Allah SWT. Mudah-mudahan Allah selalu mengirimkan kepada kita takdir terbaiknya," ujarnya.

Dalam pelaksanaan salat Istisqa ini diikuti oleh DKM Masjid Besar Kaum Ujungberung, MUI Ujungberung, Para Lurah di Keccamatan Ujungberung, pegawai KUA, ASN Kecamatan, dan para Guru beserta murid murid SD di Kecamatan Ujungberung.

Beberapa sekolah juga mengajak para guru dan siswa-siswanya untuk melaksanakan salat istisqa. Setelah jam istirahat selesai, para siswa ini diarahkan berkumpul di Alun-Alun Ujungberung untuk melaksanakan salat istisqa.

Setelah selesai pelaksanaan solat istisa, semua jamaah yang mengikuti pelaksaan salat istisqa bubar dan kembali melanjutkan aktivitasnya. Para siswa SD yang telah mengikuti pelaksanaan salat istisqa langsung dipulangkan.

Reporter : Fitri Anggraini

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo