Desa Waluya, dari Pertanian dan Perkebunan Menuju Sektor Industri | Isbroad - Memberi Wawasan Memajukan Peradaban

Desa Waluya, dari Pertanian dan Perkebunan Menuju Sektor Industri

Bandung, Isbroad.com - Desa Waluya merupakan desa pemekaran di kawasan Cicalengka. Awalnya, desa ini merupakan area pertanian dan perkebunan yang termasuk dalam wilayah desa Cikuya. 

Namun, seiring dengan pertambahan jumlah penduduk dan perubahan dalam sistem kehidupan sosial, transformasi dari sektor pertanian menjadi sektor industri. Pada tanggal 10 Agustus 1983, Desa Waluya dibentuk dengan harapan dapat membawa keselamatan dan keberkahan bagi penduduknya.

Desa Waluya terletak di Cicalengka Kulon, tidak jauh dari Alun-Alun Cicalengka. Terdapat beragam potensi,mulai dari adanya Sanggar Seni Tari Linda Sukma, Gor Olahraga, sampai dengan produksi kuliner khas Desa Waluya, sate Jebred.

Melalui visi misi AA Suryana, Kepala Desa Waluya sebelumnya, pemerintah Desa Waluya dengan visi misinya, akan mewujudkan Desa Waluya maju, mandiri, melalui tata kelola pemerintah yang tepat, cepat, transparan, dan akuntabel, berbasiskan partisipasi masyarakat, baik dalam pelayanan maupun dari segi ekonomi, keamanan di masyarakat, dan khususnya secara spiritual (agama).

Kini, Desa Waluya dipimpin oleh Penanggung Jawab dari Kecamatan Cicalengka, Okan Johana, yang mulai menjabat sejak 27 September 2023.

Sumber: PAFFI JABAR dan Desa Waluya
Penulis: Bilqis Nur Amalia


Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo