Kurangi Krisis Air Pemdes cibeusi Bangun Sumur Bor | Isbroad - Memberi Wawasan Memajukan Peradaban

Kurangi Krisis Air Pemdes cibeusi Bangun Sumur Bor


Isbroad.com, Cibeusi-jatinangor. Kurangi krisis air di Desa Cibeusi, Pemdes Cibeusi di bantu Kementrian PUPR di akhir tahun 2023 bangun sumur bor dan instalasi pipa, Selasa (19/7/2023) .
 
Sekdes Cibeusi meninjau pembangunan sumur bor di dusun Sadang, Rw 13 Cibeusi, Jatinangor. Peninjauan tersebut juga di hadiri oleh RW 13  , Tokoh masyarakat dusun Sadang. 

Kabid Cibeusi Wawan menyatakan pembangunan sumur bor sedalam 150 meter yang berkekuatan 5 lt/detik nanti diharapkan memenuhi kebutuhan air bagi 100-170  orang di dusun Sadang dan sekitarnya.

Selain di dusun Sadang, sumur bor juga di bangun di RW 19 dusun Sukajadi . Sedangkan di Dusun Bojong Eureun di bangun sistem pipa. 

Kabid Cibeusi menyatakan Dana Proyek ini di bantu kementerian PUPR. 

"semua proyek tersebut di bantu Kementrian PUPR melalui dana DAK' ungkapnya.

Sementara itu sekdes cibeusi menyatakan di akhir tahun 2023 sudah di usulkan pembangunan sumur bor di 2 titik melalui Kementrian ESDM dan dan di tahun 26024 di usulkan juga ke Kementrian ESDM pembangunan sumur bor di 6 titik di Desa Cibeusi.
 
"Harapannya nanti daerah – daerah yang selama ini kesulitan air di musim kemarau di Desa Cibeusi. Maka sumur bor ini menjadi solusinya" ujar Wawan.

"Dengan total 8 usulan yang mudah mudahan  bisa terealisasi semua, maka semua kesulitan kekeringan dan kesulitan air yang berkepanjangan bisa teratasi.
Nantinya pengelolaan sumur bor akan di serahkan ke PDAM, Bumdes atau pun swadaya. Kalau jaman dulu sering di sebut kebutuhan JALI (jalan air listrik), untuk jalan dan listrik sudah bisa dilaksanakan sedangkan air diharapkan melalui sumur ini" imbuh Sekdes.

Sementara itu Asep sutisna, badan pembangunan desa , mengakui di setiap kemarau Cibeusi wetan kekurangan air lantaran debitnya yang kecil.

"Dengan adanya sumur bor ini diharapkan bisa memenuhi kebutuhan air di masyarakat yang biasanya selalu kesulitan saat musim kemarau." ujar Asep.

Reporter : Angga Rizinida fauzan 

 

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo