Menggali Keunikan Batu Alam di Stone Garden | Isbroad - Memberi Wawasan Memajukan Peradaban

Menggali Keunikan Batu Alam di Stone Garden

Isbroad.com, Bandung - Stone Garden Citatah merupakan destinasi wisata alam geopark yang terletak di Gunung Masigit, Citatah, Kec. Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Tempat ini merupakan situs warisan alam dengan hamparan bebatuan karang atau gamping yang tersebar di perbukitan.

Stone Garden Citatah pertama kali ditemukan pada tahun 2000 oleh kelompok peneliti geologi ITB bernama Kelompok Riset Cekungan Bandung (KRCB) ITB. Hasil temuan ini menunjukkan bahwa dulunya Bandung merupakan kawasan laut dan lokasi ini adalah dasar laut.

Batuan yang terletak di Stone Garden Citatah diperkirakan terbentuk sejak zaman Miosen sekitar 20 hingga 30 juta tahun lalu. Stone Garden Citatah pun akhirnya dibuka menjadi destinasi wisata pada 2014 silam dan dikelola oleh warga setempat.

Tidak hanya menjadi tempat wisata, sebagai warisan alam Stone Garden Citatah pun menjadi cagar budaya yang harus dilestarikan. Beberapa Stone Gardens dapat dijadikan pusat edukasi geologi. Pengunjung dapat belajar lebih banyak tentang pembentukan batu-batu tersebut, sejarah geologi, dan fenomena alam yang terkait.

Para pengunjung dapat menikmati pengalaman fotografi yang menarik di Stone Garden. Setiap sudut lokasi ini menawarkan potret yang memukau dan bisa menjadi latar yang sempurna untuk berbagai jenis foto. Terletak di alam terbuka, Stone Garden seringkali dikelilingi oleh keindahan alam lainnya. Hutan, sungai, atau bukit-bukit kecil di sekitarnya menambah daya tarik dan menciptakan suasana yang tenang.

Bagi yang mencari tantangan, Stone Garden menyediakan kesempatan untuk melakukan aktivitas mendaki batu. Ini bisa menjadi pengalaman mendebarkan dan memberikan kepuasan bagi para pencinta olahraga petualangan. Stone Garden mungkin memiliki nilai sejarah atau budaya tertentu. Beberapa lokasi memiliki cerita atau mitos setempat yang menjadi daya tarik tambahan bagi para pengunjung.

 

Maya Alma Rohimah

1214020092

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo