Pemkot Bandung Rancang Pembangunan 20 Tahun Ke Depan | Isbroad - Memberi Wawasan Memajukan Peradaban

Pemkot Bandung Rancang Pembangunan 20 Tahun Ke Depan

Bandung, Isboard.com - Pemkot Bandung akan menyelesaikan rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RP JDP) 20 tahunan pada tahun 2025 mendatang yang diselenggarakan dalam forum diskusi publik pada hari Kamis (15/12/2023). Rancangan ini 
tertera dalam Perda nomor 8 tahun 2005 tentang RPJPD tahun 2005 – 2025.

Untuk keberlangsungan pembangunan jangka panjang, Pemkot Bandung telah Menyusun rancangan sedari awal. RPJPD akan menjadi pegangan bagi Wali Kota Bandung nantinya selama masa periode 20 tahun mendatang. Dalam diskusi publik ini dijabarkan tujuan, strategi, serta tahapan dan prioritas Pembangunan Kota Bandung.

"Siklus perencanaan itu sudah diatur oleh undang-undang. Bahwa untuk 20 tahun ke depan ini harus disusun. Sehingga hari ini dilaksanakan konsultasi publik terhadap rancangan awal yang sudah disusun. Kita ingin tahu dan masukan dari publik," kata Bambang Tirtoyuliono pada kegiatan Konsultasi Publik RPJPD 2025 – 2045, di Hotel Horison.

Menurut Bambang forum konsultasi publik ini menjadi sarana untuk menyatukan visi, berdialog dan bertukar pikiran, serta merumuskan visi bersama menuju Bandung yang lebih maju, berkeadilan, dengan Pembangunan berkelanjutan.

"Tidak hanya menjadi penopang Indonesia Emas 2045, tapi juga kota yang mengglobal dan SDM yang unggul," ungkap Bambang.

Bambang menegaskan bahwa RPJPD Kota Bandung 2025 – 2045 disusun menggunakan pendekatan teknokratik, partisipatif, holistic-termatik, integrative, dan spasial. Oleh sebab itu, perlu keterlibatan berbagai pelaku Pembangunan untuk menghasilkan perencanaan yang dapat menjawab kebutuhan masyarakat dan permasalahan kota.

"Ini penting disampaikan sebagai dasar penyusunan perencanaan pembangunan ke depan," ungkap Bambang.

Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (Bappelitbang) Kota Bandung, Anton Sunarwibowo mengatakan, bahwa forum konsultasi publik ini merupakan salah satu tahapan dari sekian banyak tahapan penyusunan RPJPD Kota Bandung 2025 – 2045.

Menurut Anton sebelum pelaksanaan forum konsultasi publik, ada tahapan dalam pelaksanaan RPJPD Kota Bandung 2025 – 2045 diantaranya, penyusunan evaluasi RPJPD Kota Bandung pada Juni 2023, penyusunan 'background' studi dan permasalahan dan isu strategis Kota Bandung yang telah dilaksanakan pada periode Oktober – Desember 2023.

Dan penyusunan tim RPJPD Kota Bandung tahun 2025 – 2045 telah disusun pada November 2023.

"Forum konsultasi publik dilaksanakan berdasarkan peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia nomor 86 tahun 2017 tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian, dan Evaluasi Pembangunan Daerah. Ini Bertujuan untuk memperoleh masukan penyempurnaan rancangan awal RPJPD Kota Bandung tahun 2025 – 2045," jelas Anton.

Reporter : Andra Maulana Arif

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo