UPT Puskesmas Cipadung Luncurkan Program Vaksinasi dan Skrining Gratis | Isbroad - Memberi Wawasan Memajukan Peradaban

UPT Puskesmas Cipadung Luncurkan Program Vaksinasi dan Skrining Gratis

Isbroad.com, Bandung - Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Cipadung baru-baru ini meluncurkan program vaksinasi dan skrining kesehatan gratis bagi seluruh warga di wilayah kerjanya. Program yang diberi nama "Sehat Bersama" ini bertujuan untuk meningkatkan akses masyarakat terhadap layanan kesehatan preventif,(14/12/23).

Kepala Puskesmas Cipadung, dr. Rina mengatakan bahwa program vaksinasi dan skrining gratis ini sepenuhnya didukung oleh Pemerintah Kota Bandung. Dana program bersumber dari APBD yang dialokasikan khusus untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat di bidang kesehatan.

"Melalui Program Sehat Bersama, seluruh warga di Cipadung dan sekitarnya kini dapat divaksin secara rutin setiap bulannya secara gratis di puskesmas. Selain itu, penduduk juga bisa melakukan skrining kesehatan seperti pemeriksaan tekanan darah, gula darah, kolesterol, dan lainnya," jelas dr. Rina pada Sabtu (16/12/23).

Program vaksinasi dan skrining gratis ini dibuka untuk seluruh lapisan masyarakat tanpa terkecuali. Meski begitu, sasaran utama program adalah bayi dan balita untuk imunisasi, lansia, ibu hamil dan menyusui, serta pasien dengan komorbid tertentu.

Untuk memudahkan aksesibilitas, pemeriksaan dan vaksinasi dilakukan baik di puskesmas maupun secara jemput bola melalui mobil kesehatan keliling. Tenaga kesehatan juga rutin mengadakan sosialisasi ke sekolah-sekolah, panti jompo, dan posyandu lansia.

Dukungan penuh diberikan Dinas Kesehatan Kota Bandung dalam program ini. Selain menyediakan vaksin dan alat skrining gratis, Dinkes juga menambah tenaga perawat dan bidan untuk pelaksanaan program. Bahkan pada tahap awal, Dinkes turut mendampingi pelaksanaan vaksinasi dan skrining di lapangan.

Menurut Kadinkes Kota Bandung dr. Budi, UPT Puskesmas Cipadung ditunjuk sebagai pilot project program sebelum diterapkan serupa di puskesmas lainnya. Jika berhasil, model program ini dapat direplikasi dengan penyesuaian anggaran dan kapasitas masing-masing puskesmas.

"Kami apresiasi inisiatif dr. Rina dan tim dalam melaksanakan program yang sangat bermanfaat ini. Ini sejalan dengan misi Dinkes untuk meningkatkan derajat kesehatan warga Kota Bandung," ujarnya.

Program Sehat Bersama di Puskesmas Cipadung ini berlangsung selama 6 bulan dari Januari hingga Juni 2023. Tim medis menargetkan minimal 70 persen cakupan vaksinasi lengkap dan 50 persen cakupan skrining gratis di wilayah kerjanya.

Apabila target tercapai, program dapat diperpanjang dan bahkan berpotensi dilanjutkan secara berkelanjutan sebagai program reguler Puskesmas Cipadung bekerja sama dengan jaringan fasilitas kesehatan tingkat satu lainnya di Kota Bandung.

 

Akmal Oktavian-KPI 5A

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo