UPT Puskesmas Cipadung Prioritaskan Program Promotif dan Preventif | Isbroad - Memberi Wawasan Memajukan Peradaban

UPT Puskesmas Cipadung Prioritaskan Program Promotif dan Preventif

Isbroad.com, Bandung - UPT Puskesmas Cipadung merupakan unit pelayanan kesehatan masyarakat tingkat pertama yang melayani warga Kecamatan Cipadung, Kota Bandung. Dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di wilayah kerjanya, Puskesmas Cipadung gencar melaksanakan program promotif dan preventif yang komprehensif (15/12/23).

Menurut Kepala Puskesmas Cipadung dr. Rahmi Firda, program prioritas yang terus digalakkan diantaranya optimalisasi Posyandu Balita dan Lansia, percepatan cakupan vaksinasi  hingga ke pelosok desa, serta gerakan masyarakat hidup sehat. "Kami berupaya memberikan pelayanan kesehatan semaksimal mungkin agar warga di Cipadung semakin sehat," ujarnya Sabtu(16/12/23).

Salah satu program andalan adalah Posyandu untuk balita dan lansia yang rutin dilaksanakan tiap bulan. Melalui program tersebut, balita dan lansia bisa memperoleh layanan kesehatan dasar seperti penimbangan berat badan, imunisasi, suplemen gizi, hingga skrining hipertensi dan diabetes melitus.

"Posyandu yang kami selenggarakan lebih difokuskan untuk program vaksinasi. Selain itu tetap kami berikan penyuluhan seputar pola hidup sehat untuk cegah berbagai penyakit," kata seorang Bidan Koordinator Posyandu di Puskesmas Cipadung.

Selain Posyandu, upaya promotif dan preventif juga dilakukan melalui penyuluhan kesehatan secara berkala di masyarakat serta screening kesehatan baik di Puskesmas maupun jejaring Poskesdes dan Posbindu di setiap RW. Program ini telah membuahkan hasil dengan meningkatnya kesadaran hidup sehat di kalangan warga.

Sementara itu dari sisi pelayanan kuratif atau pengobatan, Puskesmas Cipadung juga terus berbenah dengan menerapkan sistem antrean online dan rekam medis elektronik sehingga kualitas pelayanan kepada pasien semakin meningkat.

"Kami senantiasa mengevaluasi program agar Puskesmas Cipadung dapat makin berkualitas dan diminati masyarakat. Insya Allah ke depan kami akan terus tingkatkan fasilitas dan SDM agar pelayanan makin optimal," pungkas dr. Rahmi mengakhiri.

Dengan konsistensi program tersebut Puskesmas Cipadung berupaya mendekatkan diri dengan masyarakat guna meningkatkan derajat kesehatan di wilayah Kecamatan Cipadung.

 

Akmal Oktavian-KPI 5A

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo