Libur Lebaran ke Pantai Tiga Warna Aja! | Isbroad - Memberi Wawasan Memajukan Peradaban

Libur Lebaran ke Pantai Tiga Warna Aja!

 


Bandung, Isbroad.com- Libur lebaran telah di depan mata. Berkumpul bersama sanak saudara tentu hal yang tak terlewatkan. Liburan di pantai nan menawan bisa menjadi pilihan. Bingung mau kemana? Yuk, intip pesona Pantai Tiga Warna!

Pantai Tiga Warna pertama kali dibuka dan diresmikan pada tahun 2014. Terletak di Desa Tambakrejo, tepatnya di wilayah konservasi Sendangbiru, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur. Pantai Tiga Warna ini termasuk Kawasan Clungup Mangrove Conservation (CMC), kawasan rehabilitas dan konservasi mangrove, terumbu karang, dan hutan lindung.

Kala itu saya melakukan perjalanan dari Bandung ke Malang dengan menggunakan transportasi Kereta Api Malabar dan turun  di stasiun Malang. Untuk tiket kereta api kelas ekonomi dimulai dengan harga Rp260.000,00. Disambung dengan menggunakan sepeda motor bersama rekan saya menuju daerah Batu untuk mencari penginapan. Esok harinya, kami melanjutkan perjalanan menuju pantai dengan waktu tempuh kurang lebih 2,5 jam lamanya. Siapkan kendaraan dengan full tank ya!

Jika ingin ke pantai ini, sebaiknya menggunakan sepeda motor saja agar dapat masuk hingga pintu utama Pantai Clungup sedangkan untuk kendaraan roda empat harus parkir di depan gang dan berjalan kaki sekitar 1 km hingga ke pos tiket (pusat informasi). Di pos ini petugas akan mendata para pengunjung, mengecek barang bawaan, diingatkan untuk tidak membuang sampah sembarangan saat di pantai, dan dijelaskan bahwa  waktu berkunjung ke pantai dibatasi hanya 2 (dua) jam serta perlu menggunakan tour guide untuk mencapai lokasi pantai tiga warna dengan tarif Rp100.000,00 dan tiket masuk Rp10.000,00 perorangnya.

Pembatasan waktu berkunjung ini dilakukan untuk menjaga keasrian Pantai Tiga Warna. Bahkan diwajibkan untuk membawa kembali pulang sampah yang dimiliki. Dikarenakan pembatasan pengunjung, maka kita harus menunggu sampai kelompok pengunjung sebelumnya untuk tiba di pos, kemudian kita dapat melanjutkan perjalanan ke pantai tersebut dengan waktu tempuh 30 menit jalan kaki melewati perkebunan dan hutan mangrove. Lokasi pantai tiga warna berdekatan dengan dua pantai lain yang tak kalah indah, yakni Pantai Clungup dan Pantai Gatra. Untuk waktu berkunjung di Pantai Clungup dan Pantai Gatra ini bebas tanpa batasan waktu.

Setelah lelah berjalan menuju Pantai Tiga Warna, bersiaplah terkesima dengan keindahannya yang akan membayar lelahnya perjalanan Anda. Pantai Tiga Warna masih sangat asri, jernih, dan terjaga. Keunikan tersendiri dari pantai ini adalah warna pantainya yang indah. Sesuai dengan namanya pantai ini tersusun dari 3 warna, yakni warn coklat kemerahan pada tepi pantai bersandar pasirnya, hijau tosca pada warna air pantai yang dangkal, dan biru untuk warna pantai yang terdalam. 

Hiruk pikuk kehidupan di kota dengan berbagai ragam kesibukan membuat kita cepat merasa penat. Angin segar pantai dengan deburan ombaknya tentu sangat menenangkan. Selain warnanya yang unik dan jernih, Pantai Tiga Warna juga menyuguhkan pemandangan yang indah nan asri. Anda bisa berenang bahkan melakukan snorkeling di pantai ini dan melihat biota laut yang menawan. Hal menyenangkan lain yang dapat dilakukan adalah berkemah di tepi pantai, tetapi dianjurkan untuk melakukan reservasi terlebih dahulu sebelumnya.

Beberapa tips yang perlu Anda siapkan sebelum pergi ke Malang adalah,

1. Pastikan Anda membawa uang lebih untuk berjaga-jaga.

2. Pastikan Anda melakukan reservasi terlebih dahulu sebelum pergi ke Pantai Tiga Warna.

3. Bawa bekal makanan dari rumah, dikarenakan tidak adanya pedagang disana.

4. Bawa sandal jepit, baju ganti, dan plastik sampah.

Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk berkunjung ke Pantai Tiga Warna?

 

-Allice Shetea Fatonah-

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo