Madrasah Al-Ihsan Bandung Gelar Sidang Tasmi’ Hafalan Quran Juz 30 dan 29 | Isbroad - Memberi Wawasan Memajukan Peradaban

Madrasah Al-Ihsan Bandung Gelar Sidang Tasmi’ Hafalan Quran Juz 30 dan 29


Bandung, Isbroad.com - Madrasah yang terletak di Jalan Inhoftank No 26 Bandung ini merupakan madrasah yang mempunyai program unggulan di bidang tahfidz dan juga Bahasa Arab. Maka tak aneh bila setiap tahunnya  menghasilkan banyak santri yang menyelesaikan targetannya setiap tahun dalam menghafal Al-Quran. Meskipun terdiri dari santri yang masih berusia sekolah dasar ataupun sekolah menengah pertama, tidak menjadikan semangat dalam kegiatan ziyadah (menambah) dan muraja’ah (mengulang) menjadi turun. Justru ketika melihat temannya sudah dapat menyelesaikan hafalannya, santri yang lain akan semakin terpacu dalam menghafal Al-Quran. (28/03)

Setiap tahunnya, Madrasah Al-Ihsan mempunyai agenda besar di akhir tahun ajaran, yaitu Wisuda Al-Quran. Sudah menjadi agenda rutin selama tiga tahun ke belakang, awalnya dengan menargetkan para santrinya agar dapat menyelesaikan juz 30 dalam satu tahun, kemudian berkembang menjadi Wisuda Al-Quran juz 29 hingga juz 27. Ini juga menjadikan reputasi yang baik bagi madrasah ataupun santri itu sendiri di mata dan telinga masyarakat sekitar Inhoftank Bandung.

Sebelum dilaksanakannya Wisuda Al-Quran, Madrasah Al-Ihsan juga mengadakan terlebih dahulu karantina Quran selama dua hari satu malam. Para santri dididik untuk mengulang hafalannya terlebih dahulu, sebelum kemudian esok harinya melakukan tasmi’ (penalaran) seluruh hafalannya di depan para asatidzah dan dipertontonkan secara live di akun Instagram @madrasah_al_ihsan. Yang kemudian akan diberi penilaian, apakah layak atau tidak untuk melanjutkan hafalannya menuju juz selanjutnya.

Hal ini pun menjadi contoh bagi madrasah-madrasah lain di sekitaran Kecamatan Astanaanyar. Karena saat tahun 2020 kemarin, GMM (Gerakan Maghrib Mengaji) Kota Bandung melakukan studi bandingnya di Madrasah Al-Ihsan. Juga dengan beberapa kali prestasi dari para santri yang meraih juara di lomba tahfidz, baik tingkat kecamatan maupun kota.

Maka oleh karena itu program tahfidz ini juga menjadi salah satu program unggulan di Madrasah Al-Ihsan. Selain menjadi kewajiban bagi setiap muslim dalam menghafal dan memelihara Al-Quran, namun juga sebagai prestasi akademik bagi para santri dan juga lembaga sekolah itu sendiri. Karena dalam firman Allah pun sudah dijelaskan dalam QS. Asy-Syura ayat 20, yang artinya "Barang siapa yang menghendaki keuntungan di akhirat akan Kami tambah keuntungan itu baginya dan barang siapa yang menghendaki keuntungan di dunia Kami berikan kepadanya sebagian dari keuntungan dunia dan tidak ada baginya suatu bahagia pun di akhirat."


-Banafsha Saffa-

Dok. Pribadi

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo