Pesona Masjid Al Jabbar, Wisata Religi Kota Bandung | Isbroad - Memberi Wawasan Memajukan Peradaban

Pesona Masjid Al Jabbar, Wisata Religi Kota Bandung

 


Bandung, Isbroad.com - Masjid Al-Jabbar yang baru saja diresmikan pada 30 Desember 2022 lalu menuai banyak perhatian sehingga banyak sekali pengunjung berdatangan. Masjid yang sangat megah dan unik ini merupakan karya desain Gubernur Jawa Barat yaitu Ridwan Kamil.

Tidak hanya dijadikan tempat beribadah, Masjid Al-Jabbar juga dijadikan wisata religi Kota Bandung karena terdapat museum Rasulullah SAW dilantai dasarnya terkait perkembangan sejarah Rasulullah SAW sampai ke Indonesia.

Masjid Al-Jabbar juga memilki beberapa fasilitas seperti taman tematik 25 Nabi dan Rasul yang mengelilingi bangunannya, terdapat juga kursi di dekat danau buatan untuk para pengunjung yang ingin bersantai sambil menikmati keindahan masjid tersebut.

Masjid Al-Jabbar terletak di Jalan Cimincrang Nomor 14, Kecamatan Gedebage, Kota Bandung.

Sebelum diresmikan, Masjid Al-Jabbar sering disebut dengan Masjid Apung karena letaknya ditengah danau buatan dan jika dilihat dari kejauhan tampak seperti mengapung diatas air.

Pesona Masjid Al-Jabbar jika dilihat pada malam hari juga tak kalah menakjubkan karena terdapat lampu berwarna warni yang menerangi sekeliling bangunan atap masjid sehingga menjadi tampak lebih indah walau dilihat dari kejauhan bercampur dengan city light lainnya.

Selain itu, Ridwan Kamil mengatakan bahwa bangunan Masjid Al-Jabbar didesain ramah lansia dan disabilitas. Hal itu dipersiapkan untuk warga disabilitas yang ingin mengunjungi Masjid Al-Jabbar. Dapat dilihat dari bangunan masjid yang menyediakan beberapa fasilitas seperti tempat wudhu dan toilet bagi kalangan difabel, kemudian di sisi kanan dan kiri menuju pintu masjid terdapat akses ramp bagi warga disabilitas bahkan terdapat juga lift untuk memudahkan pengguna kursi roda ketika naik dan turun.

Terdapat banyak keunikan dibalik bangunan Masjid Al-Jabbar salah satunya ialah memiliki bangunan utama tanpa tiang. Kemudian Masjid Al-Jabbar juga memiliki konsep arsitektur yang sangat unik diambil dari rumus matematika dengan rumus Aljabar terlihat dari ornamen yang rumit namun sangat indah.

Kemudian, Masjid Al-Jabbar juga memiliki konsep yang berbeda disetiap pintunya yaitu menyimbolkan 27 kabupaten/kota yang ada di Jawa Barat dengan ukiran batik di 27 pintu tersebut sesuai kekhasan masing-masing daerah.

 

Afriani Awaliyah

Dok. Pribadi

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo