Menyambut Datangnya Malam Lailatul Qadar | Isbroad - Memberi Wawasan Memajukan Peradaban

Menyambut Datangnya Malam Lailatul Qadar


Bandung, Isbroad.com - Ramadhan adalah bulan penuh berkah dan ampunan bagi umat Islam. Itulah mengapa datangnya bulan Ramadhan selalu disambut dengan antusias oleh seluruh umat Muslim di dunia, termasuk di Indonesia. Banyak amalan-amalan yang dapat dilakukan seorang Muslim pada bulan Ramadhan. Pastinya akan sangat merugi, seorang Muslim yang tidak memperbanyak amalan di bulan Ramadhan.

Salah satunya yakni beribadah dimalam Lailatul Qadr. Di Bulan Ramadhan terdapat malam yang istimewa bagi umat Islam yaitu Lailatul Qadar. Lailatul Qadar artinya malam di mana turunnya ayat-ayat pertama Al-Quran kepada Nabi Muhammad SAW. Dikutip dari Encyclopedia Britannica, malam tersebut merupakan peristiwa Allah SWT pertama kali menurunkan wahyu berupa ayat-ayat Al-Quran kepada Nabi Muhammad melalui malaikat Jibril.

Selain peringatan turunnya wahyu Al-Quran, malam Lailatul Qadar juga bermakna turunnya malaikat ke bumi dengan berbagai tugas untuk memberikan kedamaian, berkah, dan petunjuk dari Allah. 
Malam Lailatul Qadar adalah malam mulia yang tiada bandingannya, karena terpilih sebagai malam turunnya AlQuran sehingga setara dengan kemuliaan 1000 bulan. 

Seperti halnya sholat berjamaah yang dilakukan di masjid. Hal ini terdapat dalam surat Al Anam ayat 91 tentang kaum musyrik yang tidak memuliakan Allah dengan kemuliaan yang semestinya tatkala mereka berkata bahwa Allah tidak menurunkan sesuatu pada masyarakat. telah dijelaskan pada Hadist Riwayat Tirmidzi

 عَنْ عَآئِشةَ قَالَتْ قُلْتُ يَا رَسُوْلَ اللهِ اَرَاَيْتَ اِنْ عَلِمْتُ اَيَّ لَيْلَةٍ لَيْلَةَ الْقَدْرِ مَا اَقُلُ فِيْهَا قَالَ قُوْلِيْ اَللَّهُمَّ اِنَّكَ عَفْوٌ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي 

Dari 'Aisyah katanya: "Saya bertanya kepada Rasulullh SAW: Bagaimana jika saya dapat mengetahui malam Qadar itu, apakah yang baik saya katakan pada malam itu ? Jawab beliau: Katakanlah olehmu: " Ya Allah sesungguhnya Engkau pengampun, suka mengampuni kesalahan, maka ampunilah kiranya kesalahanku." malam 10 hari terakhir Ramadhan juga memiliki keutamaan yang tidak dimiliki malam lainnya karena malam ini lebih baik dari 1000 bulan. Siapapun yang mengerjakan ibadah di malam ini maka pahalanya setara dengan 83 tahun lebih. Nabi Muhammad menyebutkan, Lailatul Qadar ada pada setiap Ramadan (H.R. Abu Dawud) dan lebih rinci lagi diriwayatkan HR. Bukhari, “Carilah Lailatul Qadar itu pada tanggal ganjil dari 10 hari terakhir bulan Ramadan.”
 
Ferdiansyah
Sumber Foto : Pexels.com/Min An

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo