Santri Madrasah Al-Jihad Jalankan Kegiatan Ramadhan dengan Hafalan Qur’an | Isbroad - Memberi Wawasan Memajukan Peradaban

Santri Madrasah Al-Jihad Jalankan Kegiatan Ramadhan dengan Hafalan Qur’an

 



Bandung, Isbroad.com – Madrasah Diniyah Al-Jihad yang berlokasi di Gang Laksana menjalankan kegiatan Ramadhan untuk seluruh santrinya dengan mengahafal Al-Qur’an.

Kepala Madrasah Diniyah Al-Jihad, Irvan Hervana mengatakan sudah empat tahun terakhir Madrasah Al-Jihad   melaksanakan kegiatan belajar di bulan Ramadhan dengan lebih fokus pada hafalan Al-Qur’an untuk seluruh santrinya.

“Kegiatan belajar di bulan Ramadhan ini memang lebih difokuskan kepada hafalan Al-Qur’an untuk seluruh santri dari kelas  TPA sampai kelas Wustho. Tujuannya tidak lain untuk mengenalkan kepada anak-anak bahwa membaca dan menghafal Al-Qur’an di bulan Ramadhan ini merupakan kegiatan yang sangat baik dan pastinya sebagai ladang pahala untuk mereka,” ucap Irvan Hervana.

“Selain itu, dengan diadakannya hafalan Qur’an di kegiatan Ramadhan juga mengajarkan anak-anak untuk mengisi waktu luang dengan melakukan hal-hal yang baik seperti membaca dan menghafal Qur’an ketika menunggu waktu berbuka puasa,” lanjutnya.

Irvan menjelaskan bahwa hafalan Al-Qur’an juga dilakukan pada kegiatan belajar mengajar (KBM) pada hari-hari biasa di Madrasah Diniyah Al-Jihad, akan tetapi kurang kondusif karena santri tidak difokuskan pada hafalan Qur’annya.

“Sebenarnya di KBM hari-hari biasa juga ada pelajaran Qur’an Hifdzan, tetapi terkadang tidak semuanya mengahafal. Kalau di bulan Ramadhan difokuskan hafalan Qur’an seperti ini, yang saya rasakan anak-anak lebih cepat hafalnya dibanding hari-hari biasa. Mungkin beda suasana beda juga  semangatnya,” ujarnya.

Tidak hanya hafalan Qur’an, seluruh santri Madrasah Al-Jihad juga belajar ilmu tajwid, fiqih dan akhlak pada kegiatan belajar di bulan Ramadhan ini.

“Seluruh guru juga memberikan pelajaran mengenai ilmu tajwid yang mengajarkan bacaan Al-Qur’an yang benar. Jadi, dalam kegiatan belajar di bulan Ramadhan ini santri tidak hanya menambah hafalan surah, akan tetapi belajar juga pengucapan panjang pendek yang benar pada ayat Al-Qur’an yang dihafalnya,” ucap Irvan.

 

Al-kindi Nur Fuadi

Dok. Pribadi

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo