Bahasa Arab Jadi Program Unggulan Madrasah Al-Ihsan | Isbroad - Memberi Wawasan Memajukan Peradaban

Bahasa Arab Jadi Program Unggulan Madrasah Al-Ihsan


Bandung, Isbroad.com - Madrasah Al-Ihsan yang terletak di Jalan Inhoftank, Bandung kembali melaksanakan kegiatan belajar mengajarnya  di waktu malam yang sebelumnya pengajian tersebut dilaksanakan  setelah subuh khusus di Bulan Ramadhan. 

KBM yang dilaksanakan di Bulan Ramadhan tersebut mengkhususkan para santrinya untuk menghafal Al-Quran selama satu bulan penuh, guna menjadikan para santri lebih dekat bersama Al-Quran, terlebih lagi di bulan yang penuh dengan pahala yang dilipat gandakan tersebut. Alhasil, banyak santri yang menyelesaikan target tahunannya, dimulai menyelesaikan juz 30, 29 hingga juz 28. 

Kegiatan tersebut tentu mendapatkan dukungan penuh dari orang tua para santri, bahkan mendorong anak-anaknya juga untuk segera menyelesaikan hafalannya, dan ikut membuat setoran hafalan di rumahnya masing-masing.

Program tahfidz dan Bahasa Arab menjadi program unggulan di Madrasah Al-Ihsan. Maka, setiap Sabtu di Kelas 4 dan 5 terdapat kelas khusus untuk belajar Bahasa Arab, dan pengajarnya pun merupakan lulusan dari pesantren yang memang mahir dalam Bahasa Arab. Belajar Bahasa Arab pun dimulai dari menghafal dan memahami kosa kata Bahasa Arab, baik kosa kata keseharian ataupun makna-makna dalam Al-Quran, kemudian mempelajari gramatikal Bahasa Arab dengan mempelajari ilmu nahwu dan tashrif, guna memahami Bahasa Arab semakin dalam.

Harapan kedepannya, santri tingkat menengah pertama/ SMP dapat membaca kalimat Bahasa Arab yang tidak berharakat, atau dapat menerjemahkan kalimat Bahasa Arab dengan arti yang sempurna. Maka sedari tingkat sekolah dasar mereka sudah dibekali kosa kata, yang kemudian ketika kelas 4 SD mereka diajarkan ilmu gramatikal Bahasa Arab. 


Banafsha Saffa

Dok. Pribadi

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo