Mahasiswa KPI UIN Bandung 2020 Kunjungi PRFM | Isbroad - Memberi Wawasan Memajukan Peradaban

Mahasiswa KPI UIN Bandung 2020 Kunjungi PRFM


Bandung, Isbroad.com - Mahasiswa jurusan Komunikasi Penyiaran Islam di UIN Sunan Gunung Djati Bandung angkatan 2020, khususnya kelas 6A mengadakan kunjungan ke Pikiran Rakyat FM (PRFM) untuk memenuhi tugas mata kuliah Produksi Siaran Radio Dakwah yang diampu oleh Bapak Agi Muhammad.

Radio PRFM yang terletak di Jalan Asia Afrika, Kota Bandung merupakan radio siaran milik Pikiran Rakyat Group. Radio tersebut bersaluran 107.5 FM. Isi siaran dari PRFM bersifat informatif dan menghibur karena radio tersebut khusus untuk menayangkan sejumlah berita terkini. Sementara lagu yang diputarkan hanya sekali tiap satu jam.

Adapun yang menjadi pemandu dalam kunjungan kali ini yaitu Bapak Arif selaku tim redaksi disana. Pemaparan materi seputar penyiaran radio dilakukan mulai pukul 13.30 WIB.

"Penyiar di PRFM jam kerjanya tiap hari selama 4 jam. Untuk siarannya dimulai dari jam 5 lagi sampai 12 malam. Selama siaran, konten yang disajikan pastinya berita. Nah beritanya tidak hanya membaca dari portal-portal berita tetapi dari interaksi pendengar dan wawancara narasumber," ujar Arif ketika menjelaskan kepada mahasiswa KPI.

Sesuai dengan tagline PRFM yaitu Citizen Report, maka lebih mengutamakan interaksi dari pendengar. Mereka dapat mengirimkan berita terkini melalui WhatsApp, Instagram, Twitter bahkan bisa melalui telepon. Sementara untuk wawancara narasumber biasanya melalui telepon yang dimana database-nya sudah tersimpan di kantor.

"Untuk durasi iklan di PRFM tergantung spotnya. Ada yang 10 menit, 15, bahkan ada yang satu jam tetapi dalam bentuk talk show," lanjutnya kembali.


Alifia Nabila

Dok. Pribadi

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo