4 Manfaat Joging di Pagi Hari | Isbroad - Memberi Wawasan Memajukan Peradaban

4 Manfaat Joging di Pagi Hari

 


Bandung, Isbroad.com - Berlari tidak diragukan lagi adalah salah satu bentuk pemeliharaan kebugaran fisik terbaik. Jadi meski bisa dilakukan kapan saja, ada banyak manfaat lari pagi secara rutin. Manfaat jogging pagi dapat membuat tubuh segar dan termotivasi untuk melakukan aktivitas sepanjang hari. Simak ulasan lengkapnya di sini.

4 Manfaat Jogging di Pagi Hari

Berikut adalah manfaat kesehatan dari joging pagi secara teratur:

1. Tingkatkan produktivitas hari Anda

Ada pepatah bahasa Inggris yang mengatakan: "Bangun pagi menangkap lebih banyak cacing". Nyatanya, jogging di pagi hari bisa membantu Anda mendapatkan lebih banyak “cacing” karena salah satu manfaat jogging di pagi hari adalah meningkatkan produktivitas.

Olahraga merangsang tubuh dan pikiran. Selain meningkatkan konsentrasi, lari pagi juga menjadi kebiasaan baik yang bisa memastikan Anda bangun tepat waktu.

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Ingin mencegah penyakit jantung? Berlari minimal 5 menit sehari dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Studi menunjukkan bahwa pelari memiliki 27 persen penurunan risiko kematian dini dan 30 persen penurunan risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular.

3. Membantu menurunkan berat badan

Anda mungkin sudah mengetahui manfaat jogging pagi yang dapat membantu menurunkan berat badan. Namun pertanyaannya adalah: untuk menurunkan berat badan yang lebih efektif, lebih baik sarapan sebelum atau sesudah lari? Menurut sebuah studi tahun 2014 yang diterbitkan dalam Journal of International Society of Sports Nutrition, kehilangan lemak tidak berbeda antara mereka yang berolahraga setelah makan dan mereka yang berolahraga saat puasa. Yang terpenting adalah makan dengan benar dan sehat saat sarapan.

4. Kesehatan keseluruhan yang lebih baik

Berlari dulu dianggap buruk untuk persendian Anda. Namun, penelitian terbaru menunjukkan bahwa pelari cenderung memiliki masalah persendian. Karena pelari biasanya dalam kondisi yang baik dan berat badan yang sehat, tekanan pada persendian berkurang. Joging pagi juga menghasilkan kekuatan otot yang lebih baik, yang membantu mengurangi risiko osteoarthritis. 

 

Banafsha Saffa

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo