Buah dan Makanan yang dapat Menurunkan Kolesterol dan Darah Tinggi | Isbroad - Memberi Wawasan Memajukan Peradaban

Buah dan Makanan yang dapat Menurunkan Kolesterol dan Darah Tinggi

 

pexels/bilakis

Bandung, Isbroad.com - Umat muslim di Indonesia merayakan Iduladha 1444 H. Salah satu ciri khas dari Iduladha adalah menyembelih hewan kurban dan kemudian dibagikan kepada sesama umat muslim dan yang membutuhkan. 

Di Indonesia, hewan kurban paling banyak didominasi oleh sapi, kambing dan kerbau. Oleh karena itu, tak heran jika mayoritas umat muslim akan menikmati hidangan dari daging hewan tersebut saat hari raya Iduladha. Banyak yang beranggapan bahwa tekanan darah tinggi hipertensi disebabkan oleh daging kambing.

Melansir laman Kementerian Kesehatan (Kemenkes), hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Sebuah penelitian menunjukan bahwa daging kambing memiliki kalori cukup rendah. Padahal, ada beberapa macam daging yang memang bisa menyebabkan hipertensi, yakni daging merah. Daging merah terdiri dari, daging sapi dan domba yang memang memiliki kandungan kolesterol cukup tinggi.

Kandungan kolesterol itulah yang menyebabkan tekanan darah tinggi meningkat. Inilah beberapa deretan makanan dan buah yang dapat menurunkan kolesterol dan darah tinggi :

1.      Alpukat

Alpukat seringkali menjadi menu diet penurun kolesterol, khususnya kolesterol LDL tanpa menurunkan kolesterol HDL. Satu cangkir atau 150 gram alpukat mengandung14,7 gram lemak tak jenuh tunggal, yang dapat mengurangi kadar kolesterol LDL dan menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

2.      Apel

Studi tahun 2019 menemukan bahwa makan dua apel sehari mengurangi kadar kolesterol LDL. Apel juga terbukti menurunkan kadar trigliserida yang merupakan lemak jahat. Selain itu, apel mengandung senyawa yang disebut polifenol, yang mungkin juga dapat menurunkan kadar kolesterol.

3.      Pisang

Pisang mengandung potasium, yang dapat membantu mengelola hipertensi. Satu pisang berukuran sedang berisi sekitar422 miligram (mg) kalium. Menurut Asosiasi Jantung Amerika (AHA) kalium mengurangi efek natrium dan meredakan ketegangan di dinding pembuluh darah.

4.      Jus Bit

Jus bit mengandung nitrat diet yang membantu merilekskan pembuluh darah dan membantu melancarkan aliran darah. Hal ini menyebabkan jus bit sangat baik dikonsumsi untuk menurunkan tekanan darah.

5.      Kismis

Berdasar sebuah penelitian, kismis diketahui bisa bermanfaat dalam menurunkan hipertensi. Konsumsi kismis diketahui dapat menurunkan tekanan darah secara bertahap dan stabil pada seseorang.


Afni Efrilia

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo