Hal-Hal Yang Perlu Kita Perhatikan Sebelum Beribadah Haji | Isbroad - Memberi Wawasan Memajukan Peradaban

Hal-Hal Yang Perlu Kita Perhatikan Sebelum Beribadah Haji

 


Musim Haji tahun 2023 sudah dimulai, maka dari itu kita harus memperiapkan segala hal kebutuhan-kebutuhan dalam berhaji. Persiapan haji perlu kita persiapkan jauh-jauh hari sebelum waktu keberangkatan. Hal yang perlu kita persiapkan yaitu kebutuhan secara finansial dan juga kemampuan fisik yang sehat dan prima, karena banyak nya rangkaian-rangkaian kegiatan haji dan umrah seperti tawaf, sai dengan tujuh putaran, hingga proses lempar jumroh.

Persiapan-persiapan untuk melaksanakan haji dan umrah perlu kita perhatikan dengan baik dimulai dari dokumen-dokumen yang harus di persiapkan, kemudian keuangan, chek kesehatan sebelum pemberangkatan, dan hal yang paling pokok adalah mempersiakan perlengkapan untuk kita beribadah.

Sebelum kita berangkat haji maka kita harus memperhatikan hal ini diantaranya :

1.     Menjaga Kesehatan

Ketika kita melakukan ibadah haji, ada banyak rangkaian-rangkaian kegiatan yang akan kita jalani. Maka kita perlu sekali untuk menjaga kesehatan fisik kita agar prima. Pastikan kita untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh dan menjalan kan saran-saran dari dokter agar fisik kita prima. Dan kita jangan lupa untuk membawa obat-obatan pribadi yang kita perlukan  selama pelaksanaan haji.

2.     Mengurus Dokumen

Persiapan selanjutnya adalah mempersiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan. Diantaranya visa perjalanan, dan paspor. Disamping itu dokumen seperti identitas diri juga harus dipersiapkan. Jangan lah kita mempersiapkan dokumen untuk keberangkatan dalam waktu yang dekat, karena apabila kita mempersiapkan dengan waktu yang dekat apabila ada kesalahan kita bisa memperbaikinya.

3.     Membuat Daftar Keperluan

Ketika berhaji kita memerlukan banyak sekali keperluan dimulai dari obat-obatan pribadi hingga keperluan untuk beribadah. Maka dari itu agar kita tidak bingung dan tidak ada yang tertinggal maka dari itu kita harus membuat daftar keperluan kita saat hendak berhaji agar semua keperluan kita bisa terpenuhi.

4.     Mempersiapkan Perlengkapan Ibadah

Tentunya kita pergi menunaikan ibadah haji bukan lain yaitu berniat untuk beribadah. Maka dari itu kita perlu mempersiapkan perlengkapan-perlengkapan untuk beribadah. Karena apabila kita tidak mempersiapkannya maka ibadah kita tidak akan lancar. Diantaranya barang-barang untuk beribadah adalah pakaian ihram, sajadah, mukena, alas kaki, hingga perlengkapan mandi dan shalat.

5.     Kuatkan dan Luruskan Niat

Ibadah haji adalah ibadah yang sangat suci dan berat. Maka dari itu kita perlu mengautkan dan meluruskan niat sebelum kita berangkat haji. Tujuannya adalah untuk mendapatkan haji yang mabrur dan di terima segala amal-amalan dan ibadah yang telah kita laksanakan ketika menunaikan ibadah Haji.

Maka itu lah hal-hal yang perlu kita perhatikan dalam mempersiapkan diri untuk melaksanakan ibadah haji. Jangan sepelekan hal hal diatas karena itu bisa mengganggu kelancaran dan kenyaman kita dalam beribadah haji.


Ahmad Fahmi

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo