Kamu Bad Mood? Makan Cokelat Saja! | Isbroad - Memberi Wawasan Memajukan Peradaban

Kamu Bad Mood? Makan Cokelat Saja!

Bandung, Isbroad.com - Siapa disini yang suka cokelat? Iya, cokelat yang biasanya ada pada es krim atau kue kesukaanmu. Rasanya yang manis dan lembut serta warnanya yang menggoda membuat siapapun yang melihatnya pasti tidak bisa menahan untuk tidak melahapnya.

Lalu ada sebagian orang yang mengatakan jika cokelat dapat meningkatkan mood seseorang yang sedang jelek lho. Mengapa bisa begitu ya? Apa karena tampilannya? Apa karena warnanya? atau karena rasanya yang enak?

Ternyata, cokelat itu memiliki banyak manfaat yang tidak pernah kalian duga sebelumnya. Kandungan zat yang terdapat didalam cokelat lah yang membuat mood seseorang itu membaik. Mari simak beberapa penjelasan dibawah ini yuk!

Cokelat memiliki kandungan antioksidan termasuk flavanol, polifenol, dan katekin yang dimana semuanya dapat menunjang manfaat bagi kesehatan. Namun, beberapa dari kalian pasti penasaran apa sih kegunaan masing-masing zat tersebut. 
  1. Flavanol adalah senyawa yang mengandung antioksidan dan kandungan tertingginya terdapat pada biji cokelatnya, yang disebut dengan Cocoa Flavanol. Kandungan Flavanol tersebut berguna untuk meningkatkan elastisitas pada pembuluh darah sehingga mengurangi beban kerja jantung.
  2. Polifenol dalam cokelat ini berperan memberi rasa sepat dan pahit yang khas. Kandungan ini biasanya lebih banyak pada Dark Chocolate. Polifenol juga memiliki manfaat untuk anti kanker, anti hipertensi, anti inflamasi, anti diabetes, antioksidan, memperbaiki kemampuan kognitif dan menyehatkan jantung.
  3. Katekin memiliki zat antioksidan yang kuat yang terkandung yang berfungsi antioksidan adalah mencegah penuaan dini yang bisa terjadi karena polusi ataupun radiasi.
Ada satu zat yang menjadi rahasia mengapa memakan atau mengonsumsi cokelat mampu memperbaiki mood kalian. Nama zatnya adalah Phenethylamine. Phenethylamine inilah yang ternyata berperan mendorong produksi hormon-hormon bahagia, seperti Endorfin dan Dopamine. Endorfin dan Dopamine adalah dua jenis hormon yang berbeda tetapi saling berkaitan. Endorfin bertugas mengikat reseptor sistem saraf pusat sedangkan Dopamine adalah hormon yang menghasilkan rasa bahagia atau kesenangan yang dilepaskan. Oleh karena itu, mengonsumsi cokelat dapat berhasil membuatmu bahagia dan seketika rasanya tidak memiliki beban lagi. 

Setelah panjang bahasan mengenai manfaat cokelat tadi, sekarang apakah sudah bisa memahami mengapa cokelat bisa sangat dicari untuk memperbaiki mood-mu? Namun perlu di ingat, meskipun cokelat memiliki kaya manfaat, tetapi harus memperhatikan porsinya ya. Sebab cokelat juga seringkali bercampur lebih banyak dengan gula, jadi harus lebih aware dalam memilih makanan yaa...

Aliyya Ummu Nahda
Sumber foto : Pexels.com

( Hide )

© all rights reserved
made with by templateszoo