Peringati Nilai-nilai Pancasila, Jajaran Kelurahan Sukamulya Adakan Apel Pagi | Isbroad - Memberi Wawasan Memajukan Peradaban

Peringati Nilai-nilai Pancasila, Jajaran Kelurahan Sukamulya Adakan Apel Pagi

 
 
Isbroad.com, Bandung – Pelaksanaan apel pagi di Kantor Kelurahan Sukamulya Kecamatan Cinambo Kota Bandung pada Senin (25/09) berjalan lancar dan khidmat. Upacara rutin tersebut diikuti oleh jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) dan non ASN pegawai kelurahan desa Sukamulya.

Kelurahan Sukamulya termasuk yang rutin setiap minggu melakukan kegiatan apel pagi. Selain karena anjuran pemerintah, kegiatan upacara ini juga sebagai momentum untuk mengingat nilai-nilai Pancasila yang harus dilakukan.

"Alhamdulillah cuaca pagi ini cerah jadi menambahkan semangat kepada kita. Ada sekitar 20 pegawai yang hadir dalam upacara kali ini, dan sisanya absen dikarenakan sakit, ada juga yang sedang dalam kepentingan lainnya," ujar Ihsan Furqon, Kepala Lurah desa Sukamulya.

Tujuan diadakan upacara tersebut yaitu membangun semangat nasionalisme yang tinggi dengan pembuktian pegawai-pegawai kelurahan menjiwai pentingnya kerja yang baik untuk masyarakat. Selain itu dapat memupuk rasa cinta tanah air dengan solidaritas dan kerjasama di antara jajaran kelurahan.

Upacara dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, semua yang hadir menyanyikannya dengan kompak. Setelah itu, pembacaan Pancasila oleh Ihsan Furqon sebagai Pembina upacara.

Hal yang tak kalah penting yaitu sambutan atau amanat dari Lurah. Pesan tersebut berisi pengingat kepada jajarannya agar selalu maksimal dalam melaksanakan tugas yang telah ditentukan. "Tujuan kita adalah melayani masyarakat, berikan yang terbaik kepada mereka. Semangat 45 untuk pembangunan bangsa kita," tambah Ihsan dalam amanatnya.

Setelah pemberian amanat, dilanjutkan dengan mengheningkan cipta untuk para pahlawan yang telah mendahului zaman. Jajaran pegawai merunduk, menghayati, dan mengingat bahwa mereka sebagai penerus dari perjuangan sebelumnya.

Tahap terakhir dalam rangkai upacara adalah do'a. Do'a penutup dipimpin oleh Pembina dengan kepercayaan masing-masing. Meski demikian, walaupun berbeda tentunya do'a mereka sama yaitu untuk Indonesia agar lebih maju dan berkembang.

Rentetan kegiatan upacara telah dilakukan. Para pegawai yang ikut satu-satu meninggalkan tempat upacara. Mereka bubar istirahat sejenak, kemudian melanjutkan pekerjaannya masing-masing.

Upacara pagi di kelurahan adalah salah satu kegiatan yang biasanya dilakukan di tingkat pemerintahan setempat. Meskipun setiap kelurahan mungkin memiliki tradisi dan protokol yang sedikit berbeda, tetapi semuanya memiliki tujuan yang sama. Tujuan ini untuk memperkuat rasa persatuan, kebangsaan, dan kebersamaan dalam masyarakat.

Reporter: Iva Fadilah

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo