Cacar Monyet Menjangkit Warga, Dinkes Jabar Himbau Waspada | Isbroad - Memberi Wawasan Memajukan Peradaban

Cacar Monyet Menjangkit Warga, Dinkes Jabar Himbau Waspada


Isbroad.com-Bandung
, Dinas Kesehatan Jawa Barat (Dinkes Jabar) telah mengeluarkan surat edaran sebagai langkah pencegahan penyakit infeksi menular, khususnya Monkeypox (Mpox) atau disebut juga Cacar Monyet.

Kepala Dinas Kesehatan Jawa Barat, Vini Adiani Dewi, mengungkapkan bahwa surat edaran ini telah disebarkan ke 27 pemerintah kabupaten dan kota setelah terkonfirmasi adanya kasus Mpox pada seorang penduduk Bandung satu minggu yang lalu. "Kami di Dinkes provinsi tidak berdiam diri. Kami melakukan sosialisasi kembali mengenai monkeypox untuk mengingatkan seluruh kabupaten, kota, serta dinas kesehatan dan Puskesmas," ungkap Vini pada Kamis, (2/11/23).

Vini juga menyatakan bahwa tingkat kewaspadaan terhadap paparan Mpox meningkat setelah ditemukan kasus positif penyakit ini pada seorang penduduk Kota Bandung. Sebagai informasi, kasus pertama Mpox di Bandung melibatkan seorang pria 36 tahun yang saat ini sedang menjalani isolasi dan perawatan di RS Hasan Sadikin.

Dalam menjaga kesiapsiagaan, seluruh dinas kesehatan, rumah sakit, dan puskesmas meningkatkan langkah-langkah pencegahan, meskipun diharapkan tidak ada peningkatan kasus paparan penyakit Mpox di Jawa Barat.

"Kami berusaha untuk tetap siap, meskipun berharap tidak ada kasus baru terdeteksi. Kami telah sepakati jalur pemeriksaan yang harus diikuti. Perlu dicatat bahwa pemeriksaan hanya dapat dilakukan di BKPK Prof. Ummi Jakarta," kata Vini. Dalam upaya menjaga kesiapsiagaan, Dinas Kesehatan Jawa Barat juga telah membentuk tim khusus yang terdiri dari para ahli penyakit infeksi menular di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS).

Tim khusus ini bertugas untuk memberikan panduan terkait rujukan dan perawatan pasien Mpox kepada seluruh pengelola rumah sakit.

"Meskipun tidak semua kasus harus dirujuk ke Hasan Sadikin, sebenarnya semua rumah sakit memiliki kapasitas untuk menangani monkeypox. Sebab, monkeypox disebabkan oleh virus yang cenderung sembuh dengan sendirinya jika didukung oleh sistem kekebalan tubuh yang baik, hampir mirip dengan cacar air," tutup Vini.


Reporter : Ahmad Nurwalidi

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo