Keseruan Webinar Perdana Komunitas Ingenuity Bersama Kak Muhamad Taju Subki | Isbroad - Memberi Wawasan Memajukan Peradaban

Keseruan Webinar Perdana Komunitas Ingenuity Bersama Kak Muhamad Taju Subki

Isbroad.com, Bandung - Komunitas Ingenuity mulai melaksanakan webinar perdananya dengan mengangkat tema "Career 101 : How to Optimize Linkedin for Student and Fresh Graduate" bersama salah satu alumni KPI yang sukses dalam karirnya yakni Kak Muhamad Taju Subki atau yang akrab dipanggil Kak Uki (8/11/2023).

Sebelum membaca lebih jauh, adapun komunitas Ingenuity ini sendiri adalah komunitas yang berada didalam lingkungan prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN Sunan Gunung Djati Bandung, yang berfokus pada topik pengembangan diri bagi para generasi muda. Komunitas Ingenuity ini memiliki visi dan misi sebagai berikut :

Visi : 

Memberdayakan generasi muda dan pelajar untuk membekali mereka dengan keterampilan yang dibutuhkan untuk membentuk masa depan cerah mereka. 

Misi : 

1. Memberikan informasi dan konsultasi paparan internasional seperti pertukaran pelajar, konferensi, dan lain-lain.
2. Memulai setiap kelas, pelatihan dan kompetisi untuk mempercepat keterampilan siswa.

Webinar ini diinisiasi sebagai bentuk motivasi kepada para mahasiswa agar bisa memanfaatkan platform Linkedin sebagai media untuk melanjutkan karir mereka. Adapun dalam webinar ini dihadiri kurang lebih sebanyak 161 orang. Adapun pembahasan dalam webinar ini meliputi cara mengoptimalkan Linkedin sebagai penunjang karir bagi para mahasiswa maupun mereka yang sudah lulus dari dunia perkuliahan.

Pada sesi sambutan, Wakil Dekan III Fakultas Dakwah dan Komunikasi Asep Shodiqin mengatakan, jika kegiatan dari Ingenuity ini sangat bagus dan harus terus dilanjutkan.

Kemudian dilanjutkan oleh Uwes Fatoni, sebagai keynote speaker dalam acara ini menyampaikan kalau zaman sekarang banyak sekali peluang dalam mencari pekerjaan. Namun, harus berhati-hati ketika mencari pekerjaan. Sebab tidak jarang banyak lowongan pekerjaan yang menipu dan tidak bertanggung jawab

"Boleh untuk teman-teman untuk haha hihi kuliah, tapi semaksimal mungkin teman-teman untuk bisa mengoptimalisasikan teman-teman mau berkarir dibidang apa? Boleh teman-teman ngeluh dikuliah ini tugasnya banyak, gapapa, itu bagian dari latihan teman-teman untuk bisa memanage waktu, bisa mengalokasikan pikiran teman-teman, kaya gitu, ngga ada yang rugi kok teman-teman", kata Kak Uki memotivasi.

Kak Uki juga memberikan sebuah wejangan yang pada intinya adalah jika zaman sekarang ketika sudah lulus kuliah lalu mendapatkan ijazah dan cari pekerjaan, itu sudah tidak berlaku lagi saat ini, walau memang setiap orang juga pasti memiliki ijazah, tetapi yang paling penting adalah ketika lulus dan mendapatkan ijazah itu kemudian dipertaruhkan dengan skill apa yang kita miliki untuk bersaing di dunia pekerjaan. 

"Sudah saatnya teman-teman untuk bisa memfokuskan karir teman-teman mau dibidang apa? Cari koneksi yang relevan dengan teman-teman.." lanjutnya.

Dapat menjadi suatu kebanggaan apabila kita sebagai seorang mahasiswa bisa mendapatkan karir yang relevan dengan apa yang kita minati apalagi jika karir itu merupakan karir yang menjanjikan untuk masa depan kita. Oleh karena itu, bagi kalian mahasiswa maupun yang sudah lulus perkuliahan, jangan pernah berhenti atau stuck pada pemikiran lama bahwa ijazah itu menentukan pekerjaan, tapi sudah saatnya kalian untuk meningkatkan skill kalian dalam bidang apapun yang kalian minati.

Aliyya Ummu Nahda
Komunikasi dan Penyiaran Islam

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo