BERITA "Daop 2 Menyiapkan Kereta Api Feeder untuk Mendorong Konektivitas Kereta Cepat Jakarta-Bandung" | Isbroad - Memberi Wawasan Memajukan Peradaban

BERITA "Daop 2 Menyiapkan Kereta Api Feeder untuk Mendorong Konektivitas Kereta Cepat Jakarta-Bandung"

isbroad.com , Bandung- (Daop) 2 Perusahaan Kereta Api Indonesia (KAI) resmi mencanangkan langkah strategis untuk mendukung koneksi kereta ekspres Jakarta-Bandung dengan menyiapkan kereta cabang. Keputusan ini diambil sebagai bagian dari untuk memperluas jangkauan layanan transportasi dan mendukung proyek infrastruktur besar yang akan datang.

KA Feeder yang disiapkan akan mengangkut penumpang kereta cepat dari Stasiun Padalarang ke Stasiun Bandung atau pun sebaliknya, yang membutuhkan waktu jarak temuh 19 menit. Operasi KA Feeder sebanyak 72 perjalanan setiap harinya, yang terdiri dari 36 perjalanan pulang - pergi dari Padalarang - bandung dengan waktu tunggu setiap kereta api 25 menit sekali.

Konsep kereta feeder yang akan menghubungkan berbagai wilayah dengan proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung sedang dikembangkan di Daop 2 KAI. Diharapkan bahwa layanan kereta pengumpan ini akan membantu orang mengakses stasiun-stasiun yang terintegrasi dengan proyek kereta cepat.

Untuk fasilitas kereta pengumpan ini, PT INKA membuat jenis kereta rel listrik diesel (KRDE) yang terdiri dari lima kereta, masing-masing dengan empat kereta. Kereta Feeder KCJB berkapasitas 200 penumpang dalam satu rangkaian. Untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan, Kereta Feeder KCJB juga dilengkapi dengan rak bagasi dan toilet.

Masyarakat dapat memanfaatkan layanan Kereta Feeder ini dengan jadwal yang disesuaikan dengan perjalanan KCJB. Saat ini, infrastruktur Kereta Feeder KCJB telah selesai sepenuhnya dalam pembangunan fisik Aula, yang merupakan ruang tunggu khusus pelanggan KCJB di Stasiun Bandung dan Cimahi.

Sementara Stasiun Padalarang masih dalam proses penyelesaian. KAI dan KCIC sedang mengerjakan fasilitas minimal park and ride dan standar pelayanan untuk Kereta Feeder KCJB.Sebelum beroperasi, Kereta Feeder ini telah menjalani berbagai uji coba dalam berbagai situasi untuk memastikan bahwa waktu tempuh rute Bandung–Padalarang, pengenalan lalu lintas, ruang bebas, kekuatan di lereng, dan pengereman berjalan lancar.

Sebelum beroperasi, Kereta Feeder ini telah menjalani berbagai uji coba dalam berbagai situasi untuk memastikan bahwa waktu tempuh rute Bandung–Padalarang, pengenalan lalu lintas, ruang bebas, kekuatan di lereng, dan pengereman berjalan lancar.

Dalam waktu dekat, KAI dan KCIC akan melakukan uji coba pengoperasian kereta cepat dan pengumpan. Daop 2 Bandung telah menyiapkan delapan perjalanan KA Feeder untuk masyarakat yang ingin mencoba menggunakan fasilitas tersebut dan ingin melanjutkan perjalanan mereka.
 
Dinar Nurrohmah
1214020038



Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo