Desa Padamukti Selenggarakan Sosialisasi Tahapan Pemilu Serentak 2024 | Isbroad - Memberi Wawasan Memajukan Peradaban

Desa Padamukti Selenggarakan Sosialisasi Tahapan Pemilu Serentak 2024

PPS Desa Padamukti menggelar Sosialisasi Tahapan Pemilu Serentak Tahun 2024, ini merupakan salah satu upaya untuk mensukseskan pelaksanaan Pemilu tahun 2024 mendatang, kegiatan ini dilaksanakan di Balai Desa Padamukti. Kamis (14/12/2023).

Sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 8 Tahun 2022, tugas dan kewajiban Panitia Pemungutan Suara (PPS) selain melaksanakan semua tahapan penyelenggaraan Pemilu ditingkat desa, juga memiliki kewajiban untuk melaksanakan sosialisasi seputar informasi pemilu tahun 2024.

Anggota PPS Desa Padamukti, Peti menyampaikan bahwa tahapan pemilu selanjutnya setelah penetapan calon Presiden dan wakil Presiden, penetapan caleg DPR dan DPRD Provinsi, Kabupaten/Kota akan dilaksanakannya perekrutan anggota KPPS.

Acara yang diselenggarakan menjelang rekrutmen KPPS yang dimulai 16 Desember 2023 ini bertujuan untuk menyamakan persepsi seluruh PPS dalam pembentukan KPPS dan Petugas Ketertiban dan Ketenteraman TPS.

Dalam kesempatan ini, Farid menyampaikan bahwa kebijakan yang diambil KPU dalam hal pemeriksaan kesehatan KPPS sudah sejalan dengan potensi permasalahan kesehatan yang prioritas, yaitu darah tinggi, diabetes, dan kolesterol. Farid melanjutkan, "Alur pelayanan pemeriksaan calon anggota KPPS di Puskesmas nantinya dapat diatur agar terpisah dari pasien umum dengan koordinasi lebih lanjut, atau dapat pula bisa janji temu misal di balai desa, karena jumlah calon KPPS yang relatif banyak. Adapun terkait biaya, saat ini Dinas Kesehatan masih menunggu arahan dari Pj. Bupati apakah mendapat subsidi atau tidak."

Dia menjelaskan, untuk pendaftaran memang dilakukan di Sekretariat PPS Desa/kelurahan masing-masing sesuai dengan alamat calon pendaftar berdasarkan KTP.

Untuk kuota kata Farid, sebanyak 600 dibutuhkan sebagai anggota KPPS dengan 80 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang disiapkan.

"Dari masing-masing TPS ini nantinya akan ditempatkan sebanyak 7 anggota KPPS yang bertugas melayani jalannya Pemilu 2024," ucapnya.

Semoga dengan kegiatan sosialisasi ini dapat meningkatkan partisipasi masyarakat yang ada di Desa Dahanrejo dan juga pemilu serentak tahun 2024 mendatang berjalan dengan damai dan sukses.

Reporter : Esha Ramadansyah

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo