Kegiatan Sharing Session PKK Desa Padamukti | Isbroad - Memberi Wawasan Memajukan Peradaban

Kegiatan Sharing Session PKK Desa Padamukti

Bandung, Isbroad.com - Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) adalah organisasi kemasyarakatan yang memberdayakan wanita untuk turut berpartisipasi dalam pembangunan Indonesia. Kesejahteraan keluarga menjadi tujuan utama PKK, hal ini dikarenakan keluarga merupakan unit terkecil masyarakat yang akan berpengaruh besar terhadap kinerja pembangunan.

Kegiatan pertemuan rutin TP PKK Desa Padamukti ini dilaksanakan di Balai Desa Padamukti pada Senin (27/11/23) pertemuan tersebut diadakan untuk kegiatan sharing session bersama Pokja dan Sub KB Rw.

Ketua Tim Penggerak PKK Desa Padamukti, Windasari, usai membuka acara Pembinaan Program Kerja Pokja I dan Pokja III TP-PKK Desa Padamukti. Menurutnya PKK itu adalah kumpulan ibu-ibu tangguh yang selalu kuat di tengah padatnya kesibukan antara menjadi ibu rumah tangga, dan menjadi pengurus/anggota PKK.

"Mereka ini adalah ibu-ibu tangguh. Mereka turun langsung ke lapangan mensosilisasikan apa yang menjadi program kerjanya. Dan saya tidak pernah sendiri, mereka selalu mendampingi saya. Selain ibu dari anak-anaknya, istri dari suami, juga menjadi pengurus dan anggota organisasi PKK. Makanya saya bilang mereka adalah ibu yang tangguh," ujar Windasari saat ditemui usai membuka acara Pokja I dan Pokja III.

Dia menambahkan, PKK sebagai organisasi pemberdayaan keluarga untuk kesejahteraan masyarakat, khususnya lingkup keluarga, membutuhkan upaya yang inovatif dalam wujud program. Dan program itu, kata Windasari, harus sampai ke masyarakat, sehingga masyarakat tahu apa yang menjadi program PKK dalam mewujudkan keluarga sejahtera. "Kita ingin ada program yang inovatif, dan program ini harus sampai ke level bawah," ujarnya.

PKK dalam sharing session ini melakukan dua sosialisasi sekaligus. Pokja I menggelar sosialisasi Pola Asuh Anak dalam Upaya Membangun Karakter Berbasis Keluarga. Tujuan sosialisasi ini, memberikan pengetahuan, pemahaman dan sikap terhadap orang tua. Sementara Pokja III menggelar sosialisasi Rumah Sehat Layak Huni yang bertujuan Memberikan Pengetahuan dan Keterampilan tentang Rumah Sehat yang Layak Huni bagi Keluarga.
 
"Selain menjadi program kerja yang harus direalisasikan kepada Masyarakat di desa ini, materi-materi yang disampaikan juga sangat bermanfaat bagi diri saya pribadi, kita harus bekerja keras membangun kepedulian dan komitmen untuk memberikan pendidikan sebaik-baiknya kepada anak-anak kita baik pendidikan agama, etika, ilmu pengetahuan", terang Awang. 

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan wawasan para orang tua terkait pola asuh anak dan kebersihan terhadap rumah sehat layak huni dan pada akhirnya memberi dampak baik pada anak-anak selaku generasi penerus bagi bangsa Indonesia.

Reporter : Esha Ramadansyah

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo