Pengalaman Berkunjung Ke Batu Chaves Slangor Malaysia | Isbroad - Memberi Wawasan Memajukan Peradaban

Pengalaman Berkunjung Ke Batu Chaves Slangor Malaysia

Minggu,3 Desember 2023, saya dan rombongan guru-guru beserta staff Yayasan Pondok Pesantren Nurul Jannah berangkat dari Tasikmalaya dengan tujuan berwisata serta menjalin Kerjasama dengan universitas di Malaysia.

Kami bergegas dari rumah masing-masing pukul 13.00 menuju bandara Soekarno Hatta. Sesampainya di bandara Soekarno Hatta pukul 20.00, kami istirahat di rumah alumni pondok.

Pagi hari pukul 05.00 setelah melaksanakan shalat kami bergegas dan bersiap-siap untuk pemesanan tiket di bandara. Pukul 07.00 kami berangkat dari bandara Soekarno-hatta dengan tujuan kuala lumpur, Malaysia.

Setibanya di kuala lumpur kami segera check-in  hotel dengan nama hotel pudu plaza. Kami istirahat dan persiapan jalan Kembali sekitar 2 jam.

Setelah itu kami pergi ke salah satu objek wisata Batu chaves
Batu Caves terletak di Distrik Gombak, Negara Bagian Selangor, sekitar 13 kilometer dari Kota Kuala Lumpur.

Batu Caves merupakan tempat ibadah bagi umat Hindu. Gua kapur ini telah terbentuk sejak sekitar 400 juta tahun lalu, seperti ditulis Koran Tempo Edisi 24 April 2011. Nama Batu Caves tercetus begitu saja sesuai dengan nama sungai yang mengalir melalui bukit itu, yaitu Sungai Batu.

Destinasi wisata Kompleks Batu Caves terdiri dari tiga gua utama dan beberapa gua kecil yang berada di ketinggian 100 meter dari permukaan tanah. Gua terbesar disebut Cathedral Cave yang memiliki langit-langit dengan tinggi sekitar 100 meter.

Dengan perjalanan sekitar 45 menit, kereta dapat sampai di Stasiun Batu Caves yang merupakan stasiun perluasan jalur setelah Stasiun Sentul. Di Stasiun Batu Caves, kita tinggal mencari gerbang menuju Batu Caves yang merupakan gerbang masuk kedua.

Batu Caves pada awalnya adalah daerah hunian. Batu Caves kemudian berubah menjadi tempat peribadatan umat Hindu berkat jasa K. Thamboosamy Pillai, seorang tokoh terkenal di Malaysia dan pengusaha timah keturunan Tamil, India.

Pillai terinspirasi untuk mendedikasikan sebuah kuil di dalam gua kepada Tuhan Muruga. Oleh karena itu, Anda dapat menemukan Patung Dewa Murugan yang terdapat di bagian depan Kuil Batu Caves di Batu Caves. Dewa Murugan adalah putra bungsu Siwa dan istrinya, Parvati.

Batu Caves sering dijadikan tempat perayaan Festival Thaipusam, festival tahunan yang digelar oleh warga Tamil di Malaysia. Festival ini dilakukan pada bulan Thai, bulan kesepuluh dalam kalender Tamil, dan pada saat cahaya bulan bersinar penuh atau dalam kalender Masehi, peristiwa ini jatuh mulai Januari akhir sampai Februari awal.

Setelah berwisata kami melanjutkan perjalanan untuk melakukan Kerjasama dengan International Islamic University Malaysia dimulai dari penandatanganan Kerjasama, saling tukar cerita dan diakhiri dengan makan siang yang disediakan oleh kampus.

Setelah kami melakukan Kerjasama dan wisata ke destinasi wisata batu chaves,  tidak lupa kami beli buah tangan untuk keluarga dan teman di tanah air. Setelah acara dan kegiatan selesai kami Kembali dan tiba di tanah air pukul 18.10.