Olahraga Saat Puasa, Pilih Waktu yang Tepat Dan Jangan Sembarangan Melakukannya | Isbroad - Memberi Wawasan Memajukan Peradaban

Olahraga Saat Puasa, Pilih Waktu yang Tepat Dan Jangan Sembarangan Melakukannya

 


Bandung, Isbroad.com - Olahraga sangat penting bagi kesehatan manusia, namun pelaksanaan olahraga saat bulan puasa tidak bisa sembarang dilakukan, ada waktu tertentu yang disarankan kepada seseorang yang ingin berolahraga pada bulan suci Ramadhan.

Dilansir dari youtube Dokter Tirta, dijelaskan waktu yang disarankan untuk berolahraga :

1. Sebelum Berbuka Puasa

Waktu yang disarankan untuk berolahraga adalah sebelum berbuka puasa, mulai pukul 16.00 – menjelang buka puasa, mengapa sebelum berbuka puasa menjadi waktu yang efektif untuk berolahraga? Karena waktu selesai berolahraga sudah mendekati waktu berbuka sehingga cairan tubuh yang terkuras dapat kembali dipenuhi. Intensitas olahraga pun harus lebih ringan dibanding olahraga yang dilakukan saat waktu normal diluar bulan puasa.

Adapun anjuran saat berbuka tidak langsung dengan makan dengan makanan berat karena akan membuat asam lambung naik. Alangkah baiknya berbuka dengan makanan yang mengandung energy cepat seperti makan roti, kurma atau pisang.

Hal ini berhubungan dengan anjuran Rasulullah SAW yang telah mengajarkan kepada umat islam dengan berbuka dengan kurma.

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ: كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُفْطِرُ قَبْلَ أَنْ يُصَلِّيَ عَلَى رُطَبَاتٍ، فَإِنْ لَمْ تَكُنْ رُطَبَاتٌ فَتُمَيْرَاتٌ، فَإِنْ لَمْ تَكُنْ تُمَيْرَاتٌ حَسَا حَسَوَاتٍ مِنْ مَاءٍ

Artinya: “Dari Anas bin Malik, ia berkata : Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berbuka puasa sebelum shalat dengan ruthab (kurma basah),  jika tidak ada ruthab, maka beliau berbuka dengan tamr (kurma kering), dan jika tidak ada tamr, beliau meminum seteguk air“ (HR Abu Dawud no. 2356)

2. Setelah Salat Tarawih

Waktu yang efektif untuk berolahraga selanjutnya adalah setelah berbuka puasa yaitu setelah taraweh pukul 21.00- 22.00. Pelaksanaan taraweh sebenarnya adalah olahraga yang dapat menghancurkan kalori tubuh, “pelaksanaan olahraga setelah taraweh itu kaya kardio intensitas sedang, sumpah kalo kalian taraweh dengan serius itu cape loh bro.” Ujar Dokter Tirta.

Jadi pelaksanaan taraweh juga menjadi penyeimbang dengan membakar kalori tubuh manusia untuk menguatkan kesehatan tubuh manusia.

3. Sebelum Sahur

Pelaksanaan efektif olahraga yang efektif selanjutnya adalah saat sebelum sahur. Sebab setelah melakukan olahraga, seseorang dapat kembali mengisi ion tubuh dengan minum. Banyak jenis olahraga yang dapat dilakukan seperti push up, sit up dan lain sebagainya.

Perlu diingat jangan melakukan olahraga saat sesudah sahur dan pada siang hari sebab waktu berbuka yang masih lama, jika cairan tubuh seseorang habis akan membuat dehidrasi dan memungkinkan dirinya tidak kuat untuk menunggu waktu berbuka puasa.


-Ahmad Zaydan-

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo