Tantangan Dakwah di Era Digital | Isbroad - Memberi Wawasan Memajukan Peradaban

Tantangan Dakwah di Era Digital

 


Bandung, Isbroad.com - Dakwah merupakan seruan atau ajakan kepada manusia untuk memperbaiki diri dengan berbuat kebaikan dan mencegah kemungkaran sesuai dengan petunjuk Allah dan Rasul-Nya. Jika dilihat dari sudut pandang yang lain, dakwah berarti segala sesuatu atau upaya yang dikerjakan oleh setiap umat muslim baik itu melalui lisan seseorang ataupun perbuatan.

Pada masa sekarang ini dengan didukung oleh semakin canggihnya teknologi informasi yang berkembang, menjadikan dakwah bisa dikerjakan dengan lebih efisien dan khalayak yang dijangkau juga lebih luas.Tantangan dakwah beraneka ragam bentuknya, selama ini kita hanya mengenal dalam bentuk klasik; penolakan, cibiran, cacian, bahkan teror. Kini ada tantangan baru dalam dakwah. Berdakwah di era sekarang ini bukanlah hal yang mudah namun tidak juga sulit. Seorang Da’i dituntut untuk peka terhadap lingkungan dan inovatif terhadap cara ia menghadapi zaman yang cepat sekali berubah. Karena pada hakekatnya dakwah itu berarti mengajak sehingga ia harus mengerti kondisi seseorang yang diajak. 

Dakwah saat ini juga membutuhkan materi yang simpel, efektif, tidak bertele-tele, sederhana dan tidak terkesan menggurui, sesekali Da’i bisa berimprofisasi dengan menambahkan humor agar ceramahnya tetap menarik dan tidak membosankan. Bukan hanya ceramah yang bersifat verbal namun dibutuhkan inovasi bagi seorang Da’i untuk menyikapi perubahan perilaku di masyarakat saat ini. Jangan sampai sesuatu yang disampaikan oleh Da’i malah menimbulkan masalah atau pemantik dari timbulnya kebencian dan perpecahan. Ini merupakan sebagian gambaran problematika tantangan dakwah saat ini khususnya di era teknologi dan komunikasi yang mau tidak mau harus kita hadapi dan merupakan tanggung jawab untuk Islam ke depan.

Media komunikasi dalam berdakwah pun terbagi menjadi dua yaitu, memanfaatkan jalur cetak. Selain itu ada pula yang bersifat elektronik, yang merupakan implikasi dari kemajuan media teknologi. Media komunikasi cetak misalnya surat kabar, majalah, selembaran dan lain sebagainya. Sedangkan media komunikasi elektronik misalnya pesawat televisi, dan yang paling mutakhir adalah internet. Dakwah Islam sebagai konsep maupun sebagai aktifitas telah memasuki seluruh wilayah dan ruang lingkup kehidupan manusia, sehingga seluruh aspek kehidupan tidak dapat dilepaskan dari sudut pandang dakwah itu sendiri. Sejalan dengan pengertian dakwah sebagai nila-nilai Islam kedalam semua aspek kehidupan manusia.


-Banafsha Saffa-

Dok. Lensapos

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo