Takut Merasa Stress, Childfree Tuai Berbagai Kontroversi | Isbroad - Memberi Wawasan Memajukan Peradaban

Takut Merasa Stress, Childfree Tuai Berbagai Kontroversi

 

Bandung, Isbroad.com - Childfree saat ini tengah ramai diperbincangkan usai adanya pendapat dari seorang influencer instagram yang mengatakan bahwa tidak memiliki anak itu merasa bahagia dan akan lebih awet muda karena jarang merasa stress.

Menurut wawancara yang pernah dilakukan pada beberapa mahasiswa Institut Teknologi Bandung, mereka ada yang berpendapat bahwa sebenarnya childfree itu sama dengan menyalahi kodrat reproduksi manusia. Dimana seharusnya bisa menghasilkan keturunan tapi ia malah lebih memilih tidak mempunyai anak.

Adapun jika mengenai memiliki anak nantinya akan menimbulkan rasa stress karena beban ekonomi yang bertambah gara-gara kehadiran seorang anak. Padahal sebenarnya faktor pemicu stress itu bukan hanya dari adanya anak, tetapi bisa berasal dari luar.

Kemudian jika memang merasa memiliki anak itu beban, maka bisa dilakukan beberapa langkah alternatif lainnya. Langkah-langkah tersebut adalah bisa dengan tidak memaksa diri untuk cepat menikah hanya karena modal suka, harus banyak pertimbangan seperti kematangan mental, mapan secara finansial, dan merencanakan jarak kelahiran menggunakan program Keluarga Berencana. Pengaturan jarak kelahiran berguna untuk mempersiapkan diri kembali secara mental dan finansial setelah memiliki anak pertama yang mungkin sudah paham bagaimana kebutuhan serta proses dari perawatan anak itu sendiri.

Dalam agama Islam juga sebenarnya tidak ada istilah karena memiliki anak,  kita menjadi  sulit rezeki, sebab rezeki itu urusan Yang Maha Kuasa. Bekal utama menuju surga juga bisa didapat dari anak yang soleh dan solehah. Opini yang mengatakan akan menjadi stress itu sebenarnya opini yang terlalu berlebihan. Tinggal kembali pada individu masing-masing dan cara pandangnya.

Aliyya Ummu Nahda 

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo