Viral di Twitter Minum Oralit Saat Sahur Bisa Cegah Haus | Isbroad - Memberi Wawasan Memajukan Peradaban

Viral di Twitter Minum Oralit Saat Sahur Bisa Cegah Haus

 


Bandung, Isbroad.com - Media sosial Twitter baru-baru ini dihebohkan dengan testimoni minum oralit saat sahur agar puasa tahan lama. Dalam sejumlah twit yang beredar, tidak sedikit warganet yang mengatakan bahwa minum Oralit setiap sahur ampuh membantu tubuh agar tidak haus dan lemas selama berpuasa. Benarkah minum minuman itu bisa membuat kuat berpuasa?

Oralit atau solusi rehidrasi oral adalah cairan untuk membantu mengembalikan elektrolit yang keluar dari tubuh. Oralit bisa dibuat sendiri dari campuran air hangat, garam, dan gula. Tetapi, beberapa apotek menyediakan oralit kemasan dengan berbagai merek dagang dan rasa.

Dikutip dari Fasting Well, saat berpuasa selama beberapa hari, insulin akan turun banyak sehingga tubuh mengeluarkan lebih banyak garam atau natrium secara signifikan daripada biasanya. Saat natrium turun, begitu juga dengan tekanan darah Anda.

Kadar natrium yang rendah juga menyebabkan hormon stres, seperti kortisol dan adrenalin naik. Ini bisa seseorang merasa cemas dan lebih sulit tidur. Karena itu, mendapatkan banyak garam selama puasa yang berkepanjangan bisa mencegah masalah ini.

Namun, dokter spesialis gizi dari Perhimpunan Dokter Spesialis Gizi Klinik Indonesia (PDGKI), Samuel Oetoro, menghimbau masyarakat memperhatikan takaran supaya tidak berlebihan. Terlebih bagi pengidap penyakit jantung. Oralit yang berlebihan bisa menyebabkan peningkatan natrium di dalam darah yang ditandai dengan gejala denyut jantung cepat, tekanan darah tinggi, sakit kepala, dan kelelahan berat atau lemas. 

Ia juga mengingatkan agar oralit tidak digunakan sebagai penahan lapar selama puasa. Sebaiknya oralit dikembalikan pada fungsi utama sebagai pengganti cairan tubuh yang hilang dan dikonsumsi pada saat yang benar, seperti ketika diare.

Guna menghindari dehidrasi selama berpuasa, pastikan tubuh tidak kekurangan asupan cairan dengan tetap mengonsumsi tidak kurang dari dua liter air mineral dalam sehari, yakni dua gelas air mineral saat berbuka, empat gelas air saat makan malam, dan dua gelas air saat sahur.

Selain itu, hindari makanan yang terlalu manis, asin, pedas, hingga minuman berkafein saat sahur. Sebab, makanan-makanan tersebut dapat memicu dehidrasi berat saat puasa.

 

-Aqil Supriyanto-

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo