5 Cara Agar Termotivasi untuk Belajar saat UTS | Isbroad - Memberi Wawasan Memajukan Peradaban

5 Cara Agar Termotivasi untuk Belajar saat UTS

UTS telah tiba!

UTS telah tiba!

Tepat di pekan terakhir sebelum lebaran di tahun 1444 H atau 2023, seluruh mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung melaksanakan Ujian Tengah Semester yang dilaksanakan secara hybird.

Sobat mahasiswa! Udah mempersiapkan apa saja nih untuk UTS kali ini? Jangan karena puasa jadinya tidak semangat untuk berjihad, ya! Kali ini Isbroad.com akan memberikan beberapa hal yang dapat memotivasimu agar semangat belajar untuk mengerjakan UTS.

1. Buat tempat belajarmu senyaman mungkin

Meskipun di kost, tetap saja ruangan yang sedang kamu tempati saat ini harus tetap bersih dan wangi agar suasana belajarmu makin tenang.

Jika tugas UTS tersebut dilakukan secara kerja kelompok, cari tempat yang sekiranya nyaman untukmu dan teman-temanmu.

2. Bagi tugasmu, mana saja yang harus dikerjakan secepatnya

Kebiasaan mahasiswa adalah mengumpulkan tugas dari dosen di waktu deadline. Yuk, mulai sekarang hentikan kebiasaan buruk tersebut. List tugas UTS di handphone atau sticky note-mu. Mana saja yang harus dikerjakan hari ini, esok, ataupun lusa.

Satu tips dari saya, cobalah untuk membuat waktu deadline tipuan. Misalnya, dosenmu memberi tugas untuk membuat sebuah tulisan berita yang deadline-nya sekitar seminggu lagi. Jangan karena masih lama sehingga membuatmu semakin menunda-nunda. Buatlah deadline tipuan yang seolah-olah deadline tersebut hanya 2 hari lagi.

Dari situ kamu akan segera mengerjakan tugas berita tersebut di awal waktu. Nah, jadi disaat deadline pengumpulan tugas telah tiba, kamu hanya perlu mengirimkan saja dengan santai.

3. Jauhkan hal yang membuatmu terdistraksi

Di saat belajar individu maupun per kelompok, jauhkan hal yang membuatmu terdistraksi seperti handphone. Meskipun mencari jawabannya melalui handphone, kamu juga bisa untuk menahan diri untuk tidak membuka aplikasi lain seperti Instagram, Tiktok, atau bahkan cari-cari produk di Shopee.

4. Memiliki rutinitas belajar

Belajar tidak hanya saat ingin UTS saja, tetapi setiap hari kamu harus meluangkan waktu untuk belajar. Buatlah aktivitas belajarmu menjadi menyenangkan agar menjadi sebuah rutinitas, ya!

5. Pikirkan alasan terbesar mengapa kamu harus belajar

Pikirkan dari sekarang ingin jadi apa dirimu ketika lulus kuliah nanti? Apakah ingin menjadi seorang jurnalis, pendakwah, atau mungkin ibu rumah tangga yang dapat mencerdaskan keturunannya?

Nah, untuk menggapai cita-cita tersebut minimal yang dapat kita lakukan adalah belajar dengan rajin. Tidak mungkin dong kita akan diterima kerja di sebuah perusahaan tetapi kita sendiri minim pengetahuan. Maka dari itu, buatlah alasan terbesarmu mengapa dirimu harus belajar. Karena kamu ingin menjadi orang sukses dan memiliki masa depan yang cerah. Dari situ kamu bisa termotivasi deh!

6. Usaha tidak akan mengkhianati hasil

Percayalah, semua proses belajarmu saat ini akan menghasilkan buah yang terbaik. Semua jerih payahmu akan terbayarkan suatu saat nanti. Karena Allah tahu mana saja hambaNya yang rajin menuntut ilmu.

"Kalau di dunia kuliah, usaha yang mengkhianati hasil,"

Ada benarnya sih dengan kalimat tersebut, hehe...

So, bagaimana cara menanggapi hal tersebut? Kamu bisa menghubungi dosenmu untuk perbaikan nilai. Jangan berkecil hati jika melihat si 'dia' yang terlihat malas untuk mengerjakan tugas atau jarang masuk kelas tetapi saat mengetahui IPK nya ternyata lebih besar dia dibandingkanmu. Karena proses belajarmu bukan berarti sia-sia, kok! Ilmu yang kamu dapat saat ini suatu saat nanti akan bermanfaat.

Itulah 6 cara agar agar dirimu termotivasi untuk belajar saat UTS. Semoga bermanfaat.

 

Alifia Nabila

Sumber Foto : Pexels.com/Pew Nguyen

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo