Buka Bersama Sebagai Ajang Silaturahmi | Isbroad - Memberi Wawasan Memajukan Peradaban

Buka Bersama Sebagai Ajang Silaturahmi

 

Bulan puasa merupakan bulan yang sangat dinantikan oleh seluruh umat islam. Karena di bulan puasa banyak sekali pekerjaan-pekerjaan yang dapat dilakukan dan mendapat pahala bahkan dapat  dilipat gandakan pahalanya. Bulan puasa menjadi momen yang dinantikan untuk bertemu dengan keluarga besar, kerabat atau saudara, ikatan alumni karena biasanya sering diadakannya buka bersama.

Buka bersama menjadi momentum yang sudah menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia khususnya yang beragama islam. Dimana dengan adanya kegiatan buka bersama dapat menjalin tali silaturahmi, karena kegiatannya tidak hanya makan namun ada kegiatan lain yang mebuat suasana menjadi lebih hangat.

Tradisi buka Bersama ini sudah sejak lama dilakukan, bahkan sejak puluhan atau ratusan tahun silam. Itu berdasar pada hadis nabi yang berbunyi: “ siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka banginya pahala seperti pahala orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun jua.”

Di dalam Islam, berbuka puasa sudah banyak dilakukan oleh Rasulullah SAW, baik saat sebelum ataupun sesudah berbuka puasa. Sebelum sholat, Rasulullah biasanya berbuka dengan rotbh (kurma basah), jika tidak ada maka berbuka dengan tamr (kurma kering), jika tidak ada hanya berbuka dengan seteguk air.

Nikmat yang juga dapat dirasakan pada tradisi buka puasa bersama adalah ketika berkumpul dengan umat muslim lainnya. Hal itu membuat ukhuwah islamiyah antara saudara muslim juga tetap terjaga dengan baik. Berkumpul, bernostalgia, saling berbagi pengalaman, hingga diskusi positif dapat menambah nilai kenikmatan ketika moment buka puasa bersama.

 

Dewi Sri

Dok. Pribadi

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo