Keindahan Negeri Diatas Awan Citorek | Isbroad - Memberi Wawasan Memajukan Peradaban

Keindahan Negeri Diatas Awan Citorek


Negeri di Atas Awan merupakan salah satu wisata Banten yang popularitasnya melejit secara tidak sengaja, bukan karena jalur pendakiannya yang menantang akan tetapi panorama terlihat dari puncaknya, Wisata Negeri di Atas Awan ini awalnya dikenal sebutan Gunung Luhur kemudian Gunung Luhur ini viral dan terkenal sebagai Julukan Negeri di Atas Awan. Julukan ini muncul karena berkat hamparan awan putih yang menutupi lerengnya, dari puncaknya hanya ada lapisan awan putih tebal yang terlihat, keindahan ini tersebar luas melalui di media sosial dari bukit biasa gunung luhur kini menjadi salah satu objek wisata sederhana yang bernilai tinggi.

Negeri Diatas Awan bertempat di kampung Ciusul Desa Citorek Kidul, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Awalnya terdapat pekerjaan proyek pembangunan jalan provinsi yang menghubungkan antara Lebak Utara dengan Lebak Selatan. Namun belakangan ini tempat wisata yang dijuluki Negeri Diatas Awan menjadi viral lantaran keindahan yang terlihat dari atas puncaknya.

Destinasi wisata Negeri Diatas Awan ini mulai di bangun dan di rawat oleh masyarakat dan pemerintah Desa Citorek untuk dijadikan salah satu wisata yang ada di Desa tersebut. Ramainya wisatawan yang berdatangan mengunjungi objek wisata Negeri di atas Awan gunung Luhur ini membawa berkah bagi masyarakat yang berada di Desa Citorek, mereka bisa berjualan berbagai jenis makanan, minuman, souvenir, dan menyewakan tenda untuk wisatawan.

Desa Citorek salah satu desa yang masih memiliki ciri khas budaya yang masih utuh dari zaman dulu hingga sekarang, karena Desa Citorek ini merupakan wilayah Kasepuhan, Masyarakat Desa Citorek merupakan masyarakat adat yang ada di Kabupaten Lebak, Banten. Pesona adat dan budaya yang dimiliki sangat menarik yang mana masyarakat Citorek ini merupakan masyarakat beragama Islam yang masih memegang era tradisi nenek moyang mereka.

Di Negeri Diatas Awan Desa Citorek wisatawan akan disuguhkan dengan pemandangan hamparan awan putih tebal yang membentang luas serta suasana sejuk di atas Gunung Luhur, gunung ini memiliki ketinggian hanya mencapai 1.037 Meter diatas permukaan laut (Mdpl), waktu terbaik untuk mengunjungi wisata Negeri Diatas Awan ini pada saat waktu pagi hari, mulai pukul 05:00 – 08:00 WIB.

Pada waktu pagi itu gumpalan awan putih tebal yang sangat terbentang luas baru saja terbentuk dan menggantung di bawah kaki bukit kaki Gunung Luhur daya Tarik utama yang membuat Negeri Diatas Awan ini menjadi incaran ialah View-nya Namun, tidak semua wisatawan bisa menyaksikannya karena jika pengunjung baru tiba dari pukul 08:00 WIB, maka awan putih yang tebal mulai beranjak pergi dan hanya menyuguhkan pemandangan lembah Desa Citorek dari ketinggian.

Untuk menuju puncaknya membutuhkan sedikit trekking tapi tenang saja karena jalur untuk menuju puncak sudah dibuatkan anak tangga jumlah anak tangga yang harus dilewati memang tidak sedikit. Untuk menuju puncak kita akan bertemu panorama alam sekitar yang menyegarkan mata dan juga kita akan disuguhkan dengan keindahan hamparan awan yang membentang luas.

Pukul 05:00 – 08:00 padi adalah waktu yang tepat untuk melihat Fenomena alam ini bonusnya wisatawan juga bisa menikmati pemandangan matahari terbit. Maka untuk mengejar waktu yang pas tidak sedikit wisatawan yang sengaja bermalam di Gunung Luhur, Kawasan puncaknya disulap menjadi lahan berkemah, wisatawan bisa membawa tenda masing-masing atau menyewa, namun bila mencari yang lebih nyaman ada juga homestay yang siap menampung.


Agus Fauzi

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo