Hindari 3 Hal Ini Jika Tak Mau Amalanmu Pergi | Isbroad - Memberi Wawasan Memajukan Peradaban

Hindari 3 Hal Ini Jika Tak Mau Amalanmu Pergi

Sebagai makhluk hidup yang diberikan keistimewaan berupa akal dan logika untuk mengembangkan kehidupan, sobat Isbroad tentu akan dihadapkan dengan segala hiruk pikuk atmosfir kontemporer yang menghendaki kita supaya mampu beradaptasi dan menguasainya.

Apabila sobat mampu menjelajah dunia dalam kurun waktu singkat karena menciptakan pesawat terbang, padahal sebelum benda besar itu ada rasanya mustahil, apabila ternyata ada seseorang yang hidupnya tergugah karena spirit kita, maka sesungguhnya ada beberapa hal yang secara sadar atau tidak, akan membawa kita ke sesuatu yang lebih berdampak.

Dalam keseharian, rupanya ada 3 hal yang jika tidak kita sadari maka sesungguhnya amal ibadah kita bukan mustahil menjadi sirna. Yup, ini tentang 3 dosa besar yang musti sobat Isbroad jauhi dan tidak untuk dilakukan:

1. Mempersekutukan Allah

Sebagai contoh,

Ibu: "Nak.. sholat dulu, waktu ashar sudah mau habis.."

Budi: "Bentar dulu bu.. tanggung, ada yang ngechat aku di ingsta, kapan lagi kan.. wah kayaknya aku makin eksis.."

Mendahulukan hal diluar waktu ibadah apabila tidak darurat maka seperti mengutamakan dunia dibanding utama menghadap pencipta dunia. 

2. Durhaka kepada Ibu bapak

Ibu: "Kamu mau sholat ashar jam enam..? Udah mau habis ini waktunya"

Budi: "Apa sih bu, ini lima menit juga kelar.. ngeburu-buru banget.."

Tidak saja 'ah', kata-kata yang tidak menerima nasihat baik orang tua, dalam bentuk apapun tidak dibenarkan. Tidak menghormati ibu bapak yang telah membesarkan kita disebutkan termasuk kepada dosa besar.

3. Sumpah palsu

Ibu: "Ga denger ya apa kata ibu, sholat aja kok susah.."

Budi: "Iya iya bu habis ini ga ngechat lagi dah sumpah"

Berjanji memang mudah diucapkan namun praktiknya tidak jarang berbeda dengan yang dituju. Jika tidak ditaati maka tentu disebut sumpah palsu. Padahal Nabi Muhammad SAW telah mencontohkan bagaimana menjadi pribadi yang amanah.

Hadits riwayat Muslim dari Abdurrahman bin Abu Bakrah r.a., dari bapaknya, katanya "Kami berada di sisi Rasulullah SAW, lalu beliau bersabda: perhatikanlah! Kuberitahukan kepadamu sekalian tentang dosa-dosa besar yang paling besar" (Rasulullah mengucapkan tiga hal di atas yakni menyekutukan Allah, durhaka kepada ibu bapak, dan sumpah palsu sebanyak tiga kali).

Itu dia 3 dosa besar yang harus sobat Isbroad hindari. Yuk kita jadi pribadi muslim yang lebih baik lagi! dan terus menyebarkan kebermanfaatan bagi negara.


Alivva Rahmani

Sumber Foto : Unsplash.com/Michal Matlon

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo