Dinas Peternakan Bangkalan Pantau Kesehatan Hewan Kurban | Isbroad - Memberi Wawasan Memajukan Peradaban

Dinas Peternakan Bangkalan Pantau Kesehatan Hewan Kurban



Bandung, Isbroad- Petugas dari Dinas Peternakan Kabupaten Bangkalan terus melakukan pemantauan kesehatan hewan menjelang Hari Raya Idul Adha. Petugas dan tim pemantau kesehatan hewan bahkan berkeliling ke masjid dan yayasan untuk memastikan hewan kurban yang akan dipotong memenuhi kriteria yang layak.

"Meskipun yang lain sudah berlibur, petugas Dinas Peternakan tetap bekerja untuk mendukung aktivitas ekonomi peternak," kata Ahmat Hafid, Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Bangkalan.

Hafid menjelaskan bahwa pemeriksaan kesehatan hewan kurban terdiri dari dua tahap, yaitu pemeriksaan sebelum penyembelihan (antemortem) dan pemeriksaan setelah penyembelihan (postmortem).

Pemeriksaan antemortem dilakukan melalui evaluasi visual dan fisik hewan, seperti melihat tanda-tanda penyakit, memeriksa kondisi kulit, mata, hidung, dan sistem pernapasan.

"Tujuan utamanya adalah memastikan bahwa hewan ternak tersebut bebas dari penyakit yang dapat membahayakan kesehatan manusia saat mengonsumsi dagingnya, serta memberikan rasa aman pada masyarakat saat melaksanakan ibadah kurban," imbuhnya.

Sementara itu, pemeriksaan postmortem adalah pemeriksaan terhadap kesehatan organ dalam dan karkas hewan setelah penyembelihan yang dilakukan oleh petugas pemeriksa yang berwenang. Pemeriksaan dilakukan segera setelah penyembelihan dan melibatkan kepala, karkas, dan/atau organ dalam.

Selain memantau masjid dan yayasan, Dinas Peternakan juga melaksanakan proses pemasangan tanda pengenal telinga dan pemberian vaksin pada hewan kurban.

"Untuk hewan kurban yang keluar daerah, persyaratan ini harus dipenuhi sebelum diberikan Surat Keterangan Keamanan Hewan Kurban oleh pejabat Dinas Peternakan Bangkalan," tutupnya.


Ahmad Zaydan


Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo