Sapi Terbesar Yang Pernah Di Kurbankan Di Indonesia | Isbroad - Memberi Wawasan Memajukan Peradaban

Sapi Terbesar Yang Pernah Di Kurbankan Di Indonesia


Pexels/Kat Smith

Bandung, Isbroad.com Tanggal 10 Dzulhijjah memiliki makna penting bagi umat muslim di seluruh dunia. Tanggal ini merupakan momen yang ditunggu-tunggu setiap tahunnya, karena diperingati sebagai Hari Raya Idul Adha. Hari Raya Idul Adha juga dikenal sebagai Hari Raya Kurban. Mengutip laman Kemenag RI, kata Idul Adha berasal dari bahasa Arab "adaa (yauudu)" yang artinya kembali dan "Adhat (udhiyah)" artinya kurban.

Disebut Idul Kurban karena pada hari ini umat Islam melakukan penyembelihan hewan kurban, seperti sapi, kambing atau domba. Nantinya daging-daging kurban ini akan dibagikan kepada keluarga, tetangga dan orang-orang yang membutuhkan.

membahas mengenai kurban, kita lihat sapi terbesar yang pernah di kurbankan Salah satu sapi raksasa yang viral pada tahun 2021 adalah sapi grandong milik Irfan Hakim. Sapi ini memiliki berat 1,3 ton dan dibeli dengan harga Rp 230 juta, tiga kali lipat lebih berat daripada sapi pada umumnya. Grandong adalah jenis sapi brangus hasil persilangan sapi angus dengan sapi brahman asal Amerika Serikat.

Ciri-ciri sapi brangus meliputi tanduk kecil, leher dan telinga pendek, komposisi badan kompak dan padat, serta kakinya kuat dan kokoh. Sapi brangus juga memiliki pertumbuhan badan yang cepat dengan berat dewasa di atas 900 kg hingga lebih dari 1 ton.

Selain itu, sapi brangus memiliki daya tahan tubuh yang baik terhadap panas dan iklim tropis serta produktivitas daging yang tinggi.

Ada juga hewan raksasa bernama Bima Sakti, yang merupakan sapi kurban terbesar dan terberat di Indonesia. Sapi ini memiliki tinggi 2 meter dan bobot 1,495 kg, hampir sebanding dengan sapi grandong dan Bager.

 

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo