Sulit Mengendalikan Kecanduan Media Sosial? Kamu Butuh Dopamine Detox! | Isbroad - Memberi Wawasan Memajukan Peradaban

Sulit Mengendalikan Kecanduan Media Sosial? Kamu Butuh Dopamine Detox!


Bandung, Isbroad.com - Bersantai sejenak dari penatnya hiruk pikuk pekerjaan membuat pikiran menjadi ingin melepas segala bebannya. Salah satunya adalah bersantai dengan gadget kita sembari rebahan atau duduk di sofa yang empuk. Lalu kita terhibur dengan video lucu, atau konten-konten yang unik lainnya tanpa disadari waktu yang mungkin kita targetkan hanya 10 menit untuk bersantai, malah menjadi terlewat sampai berjam-jam. Akhirnya kita melupakan tugas yang seharusnya bisa diselesaikan saat itu, tetapi kita tunda karena masih asyik dengan gadget kita.

Permasalahan orang-orang zaman sekarang yang paling sulit untuk ditangani memang ada pada teknologi. Sebenarnya bukan gadget kita yang salah, tetapi manajemen diri kita yang masih buruk. Tidak mengetahui prioritas dan memilih untuk terus bersantai ditengah pekerjaan yang sebenarnya sedang sangat padat.

Apakah ini merugikan? Ya, tentu sangat merugikan. Dampak dari kecanduan media sosial ini mengakibatkan kita jadi tidak tahu waktu dan membuang kesempatan secara sia-sia begitu saja. Lalu apakah ada cara untuk mengatasi kecanduan gadget ini? Simak tips dibawah ini.

Kenali dulu, apa itu arti dari Dopamine Detox. Definisi sederhana dari Dopamine Detox adalah suatu cara mereset otak agar otak tidak bergantung dengan rangsangan tertentu yang dapat membuat candu, misalkan menerima notifikasi Whatsapp atau Instagram. Tujuan dari dilakukannya Dopamine Detox ini bukan untuk menghilangkan secara total kebiasaan atau kecanduan media sosial, tetapi untuk membiasakan diri untuk melakukan kegiatan positif lainnya untuk beristirahat setelah bekerja. Asalkan bukan dengan memegang gagdget kita. Sesungguhnya kesenangan yang dihasilkan dari gadget hanyalah kesenangan sementara. Ujung-ujungnya kita malah tetap kepikiran beban pekerjaan kita.

  1. Mengubah pola hidup menjadi lebih sehat : Bisa dengan rutin berolahraga, makan-makanan yang sehat, dan meditasi, senam pagi.
  2. Mencari hiburan baru : Membaca buku walau hanya 1 lembar, bercengkerama dengan tetangga, atau belajar memasak dan berkebun.
  3. Melatih kreatifitas : Bersih-bersih rumah, mendekorasi ulang rumah, belajar membuat kerajinan tangan, dan melukis
  4. Matikan smartphone dengan durasi yang dibutuhkan, misal 5 jam atau 2 jam agar tidak diganggu oleh notifikasi media sosial kita.
Dan masih banyak aktifitas lainnya yang bisa dilakukan untuk mengurangi kecanduan media sosial. Jika kamu tidak bisa melakukannya sendiri, maka suruhlah temanmu untuk membantu mengubah pola hidupmu menjadi lebih sehat dengan syarat apabila dia orang yang memang mempunya manajemen diri yang baik, jika ia memiliki manajemen diri yang jelek juga, sudah dipastikan kamu tidak akan bisa keluar dari lingkaran setan kecanduan media sosial tersebut

Baiklah itu tadi pemaparan sedikit mengenai Dopamine Detox. Ternyata dampaknya cukup mengerikan ya. Oleh karena itu, jangan lupa untuk dipraktekan dan rasakan perbedaannya dalam diri kamu!

Aliyya Ummu Nahda
Sumber foto : pexels.com


Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo